Rabu 02 Jun 2021 07:28 WIB

Industri Tenaga Surya di Jerman Makin Naik Daun

Pedesaan di dekat Berlin, Jerman membuat panel surya terbesar.

Ilustrasi panel surya.
Foto:

 

Listrik gratis

Ongkos perlengkapannya juga sudah terganti hanya dalam beberapa tahun. Setelah itu, listrik yang diperoleh, pada dasarnya, gratis. Karena sejumlah keuntungan ini, energi surya diperkirakan akan semakin berkembang di Jerman.

Pada tahun 2038, ketika pembangkit listrik tenaga batu bara yang terakhir di Jerman dihentikan fungsinya, jumlah sistem tenaga surya di atap rumah sudah akan lima kali lipat dari jumlah saat ini, dan bisa menutupi kebutuhan energi. 

Kedepannya bahkan diperkirakan, energi surya akan memenuhi seperempat dari produksi energi di Jerman.

Sumber energi baru sudah jadi pilar

Sepuluh tahun lalu, perusahaan pengoperasi EnBW, jadi salah satu produsen energi dari tenaga nuklir di Jerman. Kini mereka pegang peranan dalam proyek taman tenaga surya terbesar di Jerman. Mereka masih mengoperasikan beberapa instalasi yang menggunakan tenaga batu bara, tetapi ini dalam waktu dekat akan tinggal sejarah saja.

Manajer proyek, Harald Schmoch mengungkap, sumber energi baru ini harus bisa memenuhi kekosongan. Ini sudah jadi pilar utama portofolio perusahaannya. Sejak 2012, mereka sudah melihat perkembangan dalam semua segmen baru yang bersifat berkelanjutan, baik di darat maupun di lautan, dan juga tenaga surya.

"Semua teknologi ini akan memenuhi sekitar separuh produksi energi tahun 2025," papar Harald Schmoch.

Panel surya buatan Cina yang digunakan EnBW semakin banyak berdatangan, baik siang maupun malam. Diharapkan taman tenaga surya akan mulai beroperasi dalam waktu dekat. 

 

https://www.dw.com/id/jerman-songsong-masa-depan-dengan-tenaga-surya/a-57617435

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement