Rabu 19 May 2021 10:00 WIB

Android 12 Capai Tahap Beta, Ini Desain Barunya

Android 12 memperkenalkan desain ulang terbesar dalam sejarah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Desain Android 12
Foto: cnn
Desain Android 12

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Android 12 kini telah mencapai tahap beta. Versi beta telah tersedia 18 Mei 2021 di Pixel, serta perangkat dari beberapa produsen lain.

Android 12 memperkenalkan desain ulang terbesar yang disebut Material You. Dilansir dari GSMArena, Rabu (19/5), desain ulang ini tentang personalisasi dan fitur utamanya terdiri dari tema yang dibuat secara dinamis berdasarkan wallpaper Anda.

Baca Juga

photo
Pambaruan Android 12 beta - (gsm arena)

 

Anda cukup memilih wallpaper dan sistem secara otomatis menentukan warna mana yang dominan, kemudian menerapkan warna-warna itu di seluruh OS- bayangan pemberitahuan, layar kunci, kontrol volume, widget baru dan sebagainya.

 

photo
Desain Android 12 - (cnn)

Di seluruh OS, Anda juga akan melihat banyak gerakan halus dan animasi, untuk memberikan rasa kelancaran dan dinamisme pada interaksi Anda dengan sistem. Segala sesuatunya juga lebih efisien. Perbaikan tersembunyi menghasilkan pengurangan 22 persen dalam waktu CPU yang dibutuhkan untuk layanan sistem inti dan pengurangan 15 persen dalam penggunaan inti besar oleh server sistem.

Bayangan pemberitahuan, pengaturan cepat dan tombol daya juga telah ditata ulang. Bayangan notifikasi “lebih intuitif dan menyenangkan”, dengan tampilan notifikasi aplikasi yang “tajam”.

Pengaturan lebih ringkas

Pengaturan Cepat sekarang lebih sedikit, setidaknya pada gesekan pertama ke bawah, Anda hanya mendapatkan empat dan itu bukan hanya ikon lagi.

Google Play dan Home Control sekarang diintegrasikan ke dalam Pengaturan Cepat. Anda dapat menekan lama tombol daya untuk memanggil Asisten Google, seperti sebelumnya di beberapa skin khusus. Ini untuk mereka yang merasa belum cukup cara untuk memanggil Asisten Google-seperti berbicara dengannya, atau menggesek secara diagonal dari sudut bawah layar.

Lebih fokus privasi

Di Pengaturan, Anda akan menemukan Dasbor Privasi baru yang memberi Anda satu tampilan ke pengaturan izin Anda serta data apa yang diakses oleh aplikasi apa dan seberapa sering. Anda dapat dengan mudah mencabut izin langsung dari dasbor.

Ada indikator baru di kanan atas bilah status yang memungkinkan Anda mengetahui saat aplikasi Anda mengakses mikrofon atau kamera Anda. Selain itu, Anda dapat dengan cepat menghapus akses aplikasi ke sensor ini untuk seluruh sistem, ada sakelar baru untuk itu di Pengaturan Cepat.

Anda hanya dapat berbagi informasi perkiraan lokasi dengan beberapa aplikasi, bukan lokasi persis Anda. Ini berfungsi baik dengan hal-hal seperti aplikasi cuaca, yang mungkin tidak memerlukan lokasi tepat Anda untuk melakukan pekerjaan mereka-hanya kota Anda mungkin cukup.

Android Private Compute Core mengaktifkan fitur seperti Live Caption, Now Playing dan Smart Reply, dengan semua pemrosesan audio dan bahasa berlangsung di perangkat itu sendiri, diisolasi dari jaringan untuk menjaga privasi Anda. Perlindungan di Private Computer Core bersifat open source dan dapat diperiksa, serta diverifikasi sepenuhnya oleh komunitas keamanan.

Selain itu, Android 12 telah meningkatkan fitur aksesibilitas untuk orang-orang dengan gangguan penglihatan, dukungan untuk menggulir tangkapan layar, widget percakapan yang membawa orang-orang favorit Anda ke layar beranda dan cara agar semua perangkat Anda bekerja lebih baik bersama-sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement