Selasa 18 May 2021 02:56 WIB

Mengenal Awal Mula Kelahiran Bluetooth

Bluetooth dikembangkan oleh Ericsson pada 1990-an.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bluetooth.
Foto:

Aksesoris Bluetooth Pertama

Perangkat Bluetooth pertama yang pernah ada adalah headset nirkabel yang diluncurkan pada 1999. Perangkat ini memenangkan “Penghargaan Teknologi Pertunjukan Terbaik” di COMDEX. Segera setelah itu, car kit Bluetooth pertama benar-benar keluar pada 2001.

Perangkat itu hanya mono-only, tetapi memiliki tujuan yang penting-negara-negara di seluruh dunia sudah berupaya melarang penggunaan ponsel saat mengemudi. Misalnya, Inggris menetapkannya ilegal pada 1 Desember 2003 dengan denda mulai dari 30 poundsterling, tetapi bisa meningkat menjadi 1.000 poundsterling.

Headphone stereo pertama tiba pada 2004. Anehnya itu terjadi setahun setelah pemutar MP3 berkemampuan Bluetooth pertama memasuki pasar.

The Benefone Esc! Dari 1999 adalah ponsel pertama dengan penerima GPS built-in. Namun, perlu waktu bertahun-tahun sebelum fitur ini menjadi standar.

Pada 2002 Socket meluncurkan penerima GPS mandiri pertama yang dapat mengirim data pemosisian ke perangkat seluler-Pocket PC, dalam hal ini. Harganya 450 dolar AS, hampir sama dengan Pocket PC itu sendiri.

Mouse, keyboard dan printer Bluetooth pertama keluar di awal 2000-an juga. Itu lebih cocok untuk komputer, yang mendapatkan kemampuan Bluetooth melalui kartu tambahan dan dongle USB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement