Senin 03 May 2021 12:36 WIB

Epic Games Siap Hadapi Apple di Pengadilan

Epic Games berusaha kembali ke Apple tanpa harus ikuti aturan sistem pembayaran.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Epic Games berusaha kembali ke Apple tanpa harus ikuti aturan sistem pembayaran.
Foto: epic games
Epic Games berusaha kembali ke Apple tanpa harus ikuti aturan sistem pembayaran.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Pembuat Fortnite, Epic Games, siap menghadapi Apple mulai Senin (3/5). Pembukaan kasus di pengadilan federal datang dengan Apple merasakan tekanan dari berbagai pembuat aplikasi atas kontrol ketat App Store, yang menurut para kritikus mewakili perilaku monopoli.

Dilansir dari Japan Today, Senin (3/5), kedua perusahaan akan memperdebatkan apakah Apple memiliki hak untuk menetapkan aturan dasar, mengontrol sistem pembayaran, dan mengeluarkan aplikasi dari pasarnya yang gagal mematuhinya. Yang juga dipertaruhkan adalah bagian pendapatan Apple dari aplikasi iPhone, sebanyak 30 persen.

Baca Juga

Apple berpendapat bahwa komisinya adalah norma industri, dan merupakan kompensasi yang adil untuk memberi pengembang etalase global dan menjaganya tetap aman. Epic, yang berusaha kembali ke App Store tanpa dipaksa menggunakan skema pembayaran Apple, tidak sendirian dalam kritiknya. Uni Eropa pada Jumat (30/4) secara resmi menuduh Apple secara tidak adil menekan saingan streaming musik berdasarkan keluhan yang diajukan oleh Spotify yang berbasis di Swedia dan lainnya yang mengklaim kelompok California menetapkan aturan yang mendukung Apple Musicnya sendiri.

Koalisi untuk Keadilan Aplikasi yang baru-baru ini dibentuk, yang mencakup Spotify dan Epic, telah menyerukan Apple untuk membuka pasarnya, mengklaim komisinya adalah “pajak” pada saingan. Apple tidak mengizinkan pengguna perangkat populernya untuk mengunduh aplikasi dari mana saja kecuali App Store-nya dan pengembang harus menggunakan sistem pembayaran Apple yang memotong hingga 30 persen-persentase yang turun setelah tahun pertama dan dibebaskan bagi mereka yang pendapatannya terbatas. 

Karena permasalahan hukum, penggemar Fortnite yang menggunakan iPhone atau perangkat Apple lainnya tidak lagi memiliki akses ke pembaruan gim terbaru. Setelah berbulan-bulan berduel dalam pengajuan hukum, persidangan di hadapan Hakim Pengadilan Distrik Yvonne Gonzalez Rogers akan dimulai dengan Epic menguraikan kasusnya dalam pidato pembukaan.

Apple harus melawan posisinya sebelum kesaksian saksi dimulai. Perusahaan setuju untuk menyerahkan putusan kepada hakim, bukan juri. Beberapa analis mengatakan Apple tampil kokoh dalam mempertahankan wilayahnya. Analis Wedbush Securities Daniel Ives berkata, “The Street memandang mereka tampak jauh lebih tidak menyenangkan atau bermusuhan daripada sebenarnya dalam uji coba ini dan ketika Apple menang, kami yakin itu akan memperkuat cengkeraman perusahaan pada App Store dan struktur biayanya,” kata Ives.

Sidang diadakan di ruang sidang di seberang teluk dari San Francisco, dan saksi termasuk kepala eksekutif Apple dan Epic. Rogers secara ketat membatasi akses ke ruang sidang karena risiko Covid-19, memungkinkan publik untuk mendengarkan proses melalui saluran telepon atau Zoom.

Pertarungan hukum terjadi ketika Apple memprioritaskan penjualan konten digital dan layanan berlangganan kepada satu miliar lebih orang di seluruh dunia menggunakan perangkat yang didukung oleh perangkat lunak operasi seluler iOS-nya.

“Siapa yang mendapat uang untuk gim Epic adalah apa yang mereka perjuangkan,” kata analis Rob Erlende dari Erlende Group. “Saya pikir Apple salah di sini dalam hal kebaikan industri; Anda ingin mendanai inovasi, bukan distribusi,” ujarnya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement