Rabu 28 Apr 2021 21:55 WIB

Pembaruan Telegram, Sistem Pembayaran Hingga Versi Web Baru

Telegram kini menambahkan Payments 2.0 dan tambah pengaturan jadwal obrolan suara.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi aplikasi olah pesan media sosial Telegram yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi aplikasi olah pesan media sosial Telegram yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Telegram meluncurkan update terbarunya, yang menampilkan beberapa perubahan baru. Dalam pembaruan ini termasuk sistem pembayaran baru, obrolan suara terjadwal dan dua versi web baru.

Telegram kini menambahkan Payments 2.0. Ini adalah peningkatan pada sistem pembayaran yang telah diterapkan Telegram pada 2017. Pengguna dapat membeli dari bisnis dan membayarnya langsung dari dalam aplikasi.

Baca Juga

Dilansir dari GSMArena, Rabu (28/4), penjual sekarang dapat menerima pembayaran kartu kredit secara asli dalam obrolan apa pun. Ini bergantung pada penyedia pembayaran pihak ketiga, termasuk Satripe, Yandex. Money, Sberbank, Tranzzo, Payme, KLIK, LiqPay dan ECOMMPAY. Fitur ini tersedia di lebih dari 200 negara.

Telegram menyatakan informasi pembayaran tetap bersifat pribadi antara pengguna dan penyedia pembayaran. Sementara informasi pengiriman hanya dibagikan dengan pedagang. Telegram tidak mengambil komisi dan tidak menyimpan informasi pembayaran.

Obrolan suara terjadwal

Fitur baru lainnya antara lain obrolan suara terjadwal. Admin grup atau saluran dapat menjadwalkan obrolan suara dan semua anggota grup dapat melihat hitungan mundur untuk panggilan tersebut. Saat hitungan mundur berakhir, pengguna secara otomatis akan mendapatkan pemberitahuan bahwa panggilan tersebut berlangsung.

Obrolan suara sekarang juga memungkinkan Anda memperluas gambar profil dan melihat bio tanpa meninggalkan jendela obrolan suara. Anda dapat mengubah gambar profil dan mengedit bio Anda tanpa meninggalkan obrolan.

Dua versi web baru

Telegram juga mengumumkan dua versi web baru. Ini benar-benar ditayangkan awal bulan ini, tetapi perusahaan baru secara resmi mengumumkannya Selasa (27/4). Mengapa dua versi? Rupanya, mereka mengadakan kontes untuk membangun versi situs web yang disederhanakan. Ada dua versi yang dipilih sebagai pemenang.

Kedua versi web -versi K dan versi Z- tidak benar-benar menggantikan situs web utama saat ini. Artinya, sekarang ada tiga versi web yang dapat dipilih. Tentu saja, versi K dan Z dirancang agar lebih sederhana sehingga tidak memiliki banyak fitur tetapi terlihat sedikit lebih modern. Tidak ada perbedaan fungsional di antara mereka selain dari UI, dan bahkan itu kecil.

Ada beberapa peningkatan lain pada aplikasi seluler. Sekarang pengguna dapat mencubit untuk memperbesar gambar, video dan bahkan stiker langsung di timeline tanpa membukanya. Anda dapat mempercepat atau memundurkan video dengan mengetuk dua kali di sisi layar di Android dan menekan serta menahan +/- 15s di iOS.

Aplikasi Android sekarang dapat diunduh langsung dari situs web Telegram, yang memungkinkan pengguna mendapatkan versi terbaru lebih cepat tanpa harus menunggu Google menyetujuinya untuk PlayStore. Aplikasi Android juga menampilkan animasi baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement