Senin 22 Mar 2021 13:50 WIB

Facebook Kembangkan Wristband Pendukung Kacamata AR

Wristband akan dapat berfungsi sebagai platform untuk komputasi

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: AP/Jeff Chiu)
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO—Facebook Inc mengatakan sedang mengembangkan wristband yang dapat mengatur kacamata Augmented reality (AR) yang diharapkan akan diluncurkan tahun ini. Perusahaan mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa pemakai band akan dapat berinteraksi dengan dunia virtual dengan gerakan jari mereka.

Dilansir dari Japan Today, Ahad (21/3), perangkat wearable yang mendukung AR juga akan mampu mendeteksi sinyal saraf untuk menafsirkan gerakan dan gerak-gerik tangan yang kompleks. Ini menandai langkah Facebook dalam persaingan sengit antara raksasa teknologi seperti Apple Inc, Amazon.com Inc dan Alphabet Inc Google dalam industri yang percaya bahwa kacamata pada akhirnya akan menggantikan fungsi ponsel.

Baca Juga

Facebook sebelumnya mengatakan kacamata pintar perlu bergantung pada perangkat seperti ponsel di masa mendatang karena kendala seperti masa pakai baterai dan panas yang dihasilkan oleh pemrosesan. Wristband akan dapat berfungsi sebagai platform untuk komputasi dan mendukung fungsi-fungsi tersebut.

Pada September, Facebook mengatakan perlu sekitar lima hingga 10 tahun lagi untuk dapat membawa perangkat ke pasar kacamata AR. Itu akan memiliki kemampuan seperti membiarkan orang bersama-sama melihat dan berinteraksi dengan objek virtual bersama yang persisten.

Facebook juga mengatakan sedang mengerjakan versi aplikasi Instagram untuk anak-anak di bawah 13 tahun. Secara teknis, anak-anak tidak diizinkan menggunakan aplikasi yang ada saat ini karena peraturan privasi federal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement