Jumat 12 Mar 2021 13:58 WIB

Ilmuwan Klaim Temukan Planet Mengelilingi Bintang Vega

Bintang Vega adalah salah satu bintang paling terang dan paling terkenal.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi planet.
Foto: nasa
Ilustrasi planet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para Astronom mengatakan terdapat suatu planet di sekitar bintang Vega yang mengorbitnya sangat cepat.

Bintang Vega adalah salah satu bintang paling terang dan paling terkenal di langit malam atau bahkan senja. Terletak di konstelasi Lyra, jaraknya hanya 25 tahun cahaya dari Bumi dan sekitar dua kali massa Matahari.

Baca Juga

Hal tersebut ditemukan oleh seorang Peneliti Sarjana di University of Colorado Boulder Spencer Hurt. Ia mengatakan telah memeriksa 10 tahun data tentang Vega yang dikumpulkan oleh Fred Lawrence Whipple Observatory di Arizona.  

"Saya menemukan yang terlewatkan oleh astronom lain yang sebelumnya mencari planet di sekitar bintang. Ada sinyal yang menunjukkan sesuatu yang sangat besar mengorbit Vega dengan sangat cepat," kata dia dikutip dari universetosay, Jumat (12/3).

Sebuah planet seukuran Neptunus dan Jupiter yang mengorbit bintang setiap 2,5 hari Bumi sangat cocok dengan data tersebut.  Ini akan menempatkan planet raksasa itu dalam orbit Merkurius dalam hal jarak dari bintang. Artinya, ini adalah kemungkinan besar planet terpanas kedua yang pernah tercatat dengan perkiraan suhu permukaan 5390 derajat Fahrenheit atau 2.976 celcius.

Bagi para astronom, memiliki kandidat planet potensial di sekitar bintang terdekat yang terang seperti Vega sangat berharga. Menganalisis planet apa pun di sekitar bintang deret utama akan memungkinkan para astronom untuk membuat model tentang apa yang diharapkan saat mengamati planet dari bintang yang lebih jauh dan kurang terang.

Bagian dari keunikan planet mana pun yang panas adalah komposisi atmosfernya yang mungkin termasuk besi gas mengingat suhu ekstrem yang bekerja di permukaan dunia.  Itu juga akan keluar melewati batas normal yang diharapkan dari sebuah planet dengan ukuran dan kepadatan yang sama. 

Namun, keberadaannya belum sepenuhnya terbukti. Diperlukan konfirmasi dari ilmuwan lain untuk secara pasti mengatakan kalau ada dunia di sekitar Vega. 

Ini juga bukan pertama kalinya para astronom mengira mereka menemukan planet yang mengorbit Vega, meskipun ini tampaknya kandidat yang lebih mungkin.

"Setiap kali saya keluar dan melihat langit malam dan melihat Vega, saya berkata 'Hei, saya tahu bintang itu". Keakraban dengan beberapa objek paling mencengangkan di alam semesta adalah salah satu bagian terbaik dari astronomi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement