Rabu 10 Mar 2021 12:18 WIB

iPhone Baru akan Pasang Lensa Periskop di 2023?

Apple akan melakukan langkah perantara menuju lensa periskop.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kamera iPhone 12 Max Pro
Foto: ifixit
Kamera iPhone 12 Max Pro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple mungkin yang pertama meluncurkan ponsel dengan kamera telefoto khusus (iPhone 7 Plus pada 2016). Sejak itu, iPhone cukup konservatif dengan panjang fokus. Menurut analis Ming-Chi Kuo tren itu tidak akan segera berubah.

Kuo mengatakan Apple akan mengadopsi lensa periskop pada 2023. Ini lebih sejalan dengan perkiraan terbarunya. Akan ada langkah perantara, iPhone tahun depan akan menampilkan optik yang ditingkatkan pada lensa telefoto mereka (namun tetap akan menjadi desain klasik).

Baca Juga

Lensa kamera utama juga akan ditingkatkan, dari desain 7P menjadi 8P, yang seharusnya meningkatkan kinerja optik sebesar 10-20 persen. Hasil dari lensa 8P saat ini cukup rendah, membuatnya mahal, tetapi diharapkan akan meningkat hingga 70-80 persen tingkat hasil di paruh kedua 2022.

Dilansir dari GSMArena, Selasa (9/3), iPhone tahun ini akan memulai peningkatan optik dengan menyempurnakan lensa ultra-wide angle. Ini akan beralih dari desain 5P ke 6P atau setidaknya iPhone 13 Pro duo. Lensa baru harus memiliki aperture yang lebih cerah dan fokus otomatis juga.

Face ID akan tetap ada untuk saat ini. Namun, perangkat kerasnya akan sedikit berubah. Mulai 2021 Apple akan menggunakan lensa plastik sebagai pengganti kaca.

Ini bisa menjadi tahun terakhir Face ID di iPhone. Laporan sebelumnya dari Kuo menunjukkan Apple akan beralih ke pembaca sidik jari dalam layar pada 2022 dan mengganti notch dengan punch hole.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement