Kamis 18 Feb 2021 15:32 WIB

Penelitian Ungkap Firaun Ini Dieksekusi Sebelum Dimumikan

Firaun Seqenenre diduga dibunuh sebelum dimumikan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilmuwan melakukan CT Scan terhadap mumi Firaun Seqenenre
Foto: Saleem dan Hawass via arstecnica
Ilmuwan melakukan CT Scan terhadap mumi Firaun Seqenenre

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hasil CT scan terhadap seorang firaun Mesir yang dimumikan menunjukkan dia sebenarnya dieksekusi. Ada kemungkinan dia dieksekusi setelah ditangkap dalam pertempuran pada pertengahan abad ke-16 Sebelum Masehi (SM). Firaun yang dimumikan ini memang pernah dicurigai menjadi korban pembunuhan di istana.

Firaun Seqenenre memimpin pasukannya dari Mesir Hulu pada 1550 SM untuk menghadapi Hyksos, sekelompok pejuang dari Levant yang menduduki Mesir Hilir. Hyksos menuntut upeti dari Mesir Hulu selama apa yang oleh sejarawan disebut Periode Menengah Kedua.

Baca Juga

Diketahui Seqenenre meninggal selama konflik ini. Tetapi tidak jelas apakah dia dibunuh di tempat tidurnya di istana di Thebes atau mati di medan perang. Ahli radiologi Sahar Saleem dari Universitas Kairo dan mantan Menteri Purbakala Mesir Zahi Hawass menyimpulkan kemungkinan besar Seqenenre meninggal di dekat garis depan dan dibawa kembali ke Thebes untuk mumifikasi dan penguburan.

Demi membongkar teori konspirasi kuno, para arkeolog menemukan kembali makam Seqenenre pada tahun 1880-an. Pada 1960-an, rontgen muminya mengungkapkan luka yang mungkin membunuhnya: tulang terpotong, retak, dan patah di dahi, hidung, pipi, dan pangkal tengkoraknya. Hal itu memunculkan teori konspirasi istana, yang menyatakan abdi dalem Seqenenre sendiri telah mengatur agar raja dibunuh dalam tidurnya.

Gagasan lain menyatakan firaun telah dieksekusi oleh Hyksos setelah ditangkap dalam pertempuran. Teori itu mendapat dukungan dari kondisi mumi Seqenenre, yang memiliki bau busuk dan disartikulasikan sebagian ketika para arkeolog menggalinya pada tahun 1880-an.

Bukti itu sepertinya memberi kesan dia telah dimumikan di suatu tempat yang kurang lengkap daripada fasilitas penguburan kerajaan di dekat Thebes — mungkin kamar mayat lapangan yang tergesa-gesa di suatu tempat antara Thebes dan Avaris.

CT scan baru-baru ini mengesampingkan plot pembunuhan pada Seqenenre. Sebaliknya, bukti mendukung gagasan Hyksos menangkap Firaun Mesir itu dalam pertempuran, mengeksekusinya — dengan sangat berlebihan — dan kemudian mengizinkan orang Mesir untuk membawa tubuhnya kembali ke Thebes.

"Bagian akhir dari papirus telah hilang, tetapi teks yang diawetkan diakhiri dengan pernyataan bahwa Seqenenre memanggil penasihatnya, yang mungkin menunjukkan pengenalan pada pertempuran," tulis Saleem dan Hawass dilansir dari Arstechnica pada Kamis (18/2).

Saleem dan Hawass menyatakan tidak ada dokumen kuno yang ditemukan untuk memberi tahu hasil atau bahkan lokasi pertempuran antara Seqenenre dan Apophis. Keduanya bahkan tidak memiliki catatan persis kapan atau bagaimana Seqenenre meninggal sehingga ada ruang bagi teori konspirasi istana untuk berkembang.

"Tapi hampir pasti bahwa kedua pasukan bertemu di suatu tempat antara Thebes dan Avaris, dan 3.500 tahun kemudian, sisa-sisa tubuh Seqenenre menceritakan kisah saat-saat terakhirnya hidupnya," ungkap keduanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement