Kamis 28 Jan 2021 14:55 WIB

Sakit Tenggorokan Jadi Gejala Umum Varian Baru Covid-19

Kehilangan indera perasa atau penciuman jarang terjadi pada varian covid-19 baru.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Sakit tenggorokan/ilustrasi
Foto:

Dia mengatakan mutasi pada varian virus Inggris dapat memengaruhi gejala yang terkait dengan infeksi. Menurut Young, varian baru COVID-19 lebih mudah ditularkan dan individu yang terinfeksi tampaknya memiliki beban virus lebih tinggi, yang berarti mereka menghasilkan lebih banyak virus. Hal ini dapat menyebabkan infeksi lebih luas di dalam tubuh yang mungkin menyebabkan lebih banyak batuk, nyeri otot, dan kelelahan.

Varian baru COVID-19 memiliki 23 perubahan dibandingkan dengan virus asli Wuhan. Beberapa dari perubahan ini di berbagai bagian virus dapat memengaruhi respons kekebalan tubuh dan juga memengaruhi rentang gejala yang terkait dengan infeksi.

Ian Jones, profesor virologi di Reading University bersikap skeptis tentang temuan ONS. Menurut dia, virus akan menginfeksi sel yang sama dengan konsekuensi yang sama.

“Akan menarik untuk melihat apakah ini adalah hasil dari pelaporan sendiri atau jika ada ukuran korelasi yang independen. Secara ilmiah, saya tidak bisa melihat bagaimana itu akan beroperasi,” jelas Jones.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement