Selasa 12 Jan 2021 02:41 WIB

Covid-19 Dapat Sebabkan Kerusakan Otak Mirip Strok

Otak pasien Covid-19 mungkin rentan terhadap kerusakan pembuluh darah mikrovaskular.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perawat menyiapkan suntikan untuk pasien Covid-19 di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit. Para peneliti telah menemukan kerusakan yang disebabkan oleh penipisan dan kebocoran pembuluh darah otak pada sampel dari penyintas Covid-19.
Foto:

Komplikasi seperti strok terungkap pada 10 pasien. Scan menunjukkan kerusakan yang berhubungan dengan pembuluh darah yang tersumbat. Temuan dalam studi baru-baru ini mengungkap lebih banyak tentang gejala neurologis yang dialami banyak penderita virus corona.

"Sementara itu, setiap orang dewasa akan mendapatkan vaksin Covid pada musim gugur dengan 200 ribu orang Inggris disuntik setiap hari," kata Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock, Senin.

Menteri Kesehatan mengungkapkan, strategi keluar Inggris dari pandemi dan mengungkapkan 350 juta dosis vaksin sedang dipesan. Dia berharap setiap orang dewasa akan menerima suntikan pada musim gugur tahun ini sebagai bagian dari program vaksinasi terbesar yang pernah ada.

Namun dia menolak untuk berspekulasi tentang apakah aturan lockdown dapat diperkuat di tengah klaim dari para ilmuwan bahwa mereka terlalu lalai dalam menghentikan penyebaran. Para ilmuwan yakin tindakan tersebut tidak cukup untuk menghentikan kasus meledak dan malah menyerukan tindakan keras total.

Wali Kota London Sadiq Khan juga memimpin seruan agar masker dikenakan di luar rumah saat ia menyatakan insiden besar di Ibu Kota. Kasus Covid-19 pada Senin melonjak lebih dari 50 ribu untuk hari ke-13 berturut-turut karena kematian meningkat 563.

Temuan ini membuat jumlah total korban menjadi lebih dari 81 ribu. Kini, ada 3.072.349 orang yang terinfeksi penyakit tersebut di Inggris setelah 54.950 dinyatakan positif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement