Selasa 15 Dec 2020 20:06 WIB

Sentuh, Smart Board Canggih Buatan Anak Bangsa

Sentuh dibekali dengan OS Android.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Perusahaan teknologi layar informasi dan komunikasi digital asli Indonesia dengan nama Sentuh memperkenalkan produk terbarunya berupa smart board.
Foto: Dok Sentuh
Perusahaan teknologi layar informasi dan komunikasi digital asli Indonesia dengan nama Sentuh memperkenalkan produk terbarunya berupa smart board.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi telah banyak mengubah sejumlah kebiasaan. Kini, sebagian masyarakat mulai terbiasa untuk menjalani meeting, kuliah dan sekolah jarak jauh lewat fasilitas video conference.

Kini, dalam era digital, keperluan papan tulis pun telah diakomodasi oleh smart board. Kehadiran papan tulis digital atau presentation board ini dinilai sangat membatu dalam pembelajaran jarak jauh maupun virtual meeeting.

Baca Juga

Beragam teknologi mutakhir dalam smart board membuat harganya relatif mahal untuk sebuah papan tulis. Hal ini pun mendorong PT Sentuh Digital Teknologi (Sentuh) untuk menghadirkan smart board buatan putra bangsa yang menawarkan harga miring.

Chief executive officer (CEO) Sentuh, Bayunanda mengatakan, smart board Sentuh hadir dengan sejumlah keunggulan baik dari sisi desain, kualitas serta fitur.

"Smart board ini sendiri merupakan salah satu produk terbaru kami yang juga ditunjang oleh beragam teknologi canggih,” kata Bayunanda kepada Republika dalam exclusive product introduce di Jakarta pada Selasa (15/12).

Meski hadir dengan fitur yang lengkap, ia mengklaim bahwa smart board Sentuh ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibanding produk besutan kompetitor dari negara lain.

Di satu sisi, meski hadir dengan harga miring, tapi produk ini hadir dengan desain yang sarat akan pertimbangan. Hal ini membuat smart board Sentuh tampil dengan desain yang clean, khas dan elegan. Artinya, produk ini sekaligus mampu menunjang tampilan ruang meeting atau ruang kelas secara keseluruhan.

Mengingat Sentuh merupakan jenama yang secara mandiri melakukan pengembangan hardware dan software, maka produk ini juga dibekali dengan operating sistem berbasis Android yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Smart board ini disajikan dengan sejumlah fitur unggulan seperti presentation assistant, extend presentation, file sharing, live video conference serta kemampuan backup and restore.

Chief commercial officer (CCO) Sentuh, Randy Putra mengatakan, sebagai produk yang dikembangkan oleh generasi muda Tanah Air, maka produk ini pun disajikan dengan user interface yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna di Indonesia.

"Hal ini membuat smart board Sentuh tampil lebih user friendly," kata Randy.

Produk yang ditawarkan dan didistribusikan secara eksklusif oleh PT Intra Mulia Multiteknologi (IMM) ini ditawarkan dalam berbagai ukuran mulai dari 55 inch hingga 85 inch. Agar mampu jadi papan tulis digital yang tangguh, produk ini pun dibekali dengan memory 4 GB RAM dan storage capacity sebesar 32 GB ROM.

Soal panel display, lanjut dia, produk ini ditunjang dengan layar LED dengan resolusi 3840x2160. Tampilan yang tajam itu pun dapat dinikmati dengan view angle 178 derajat baik secara vertikal maupun horisontal. Panel touch screen dalam produk ini sendiri mengusung teknologi capacitive yang dapat merespon sentuhan jari maupun stylus.

Kemudahan dari produk yang dilindungi garansi resmi selama satu tahun ini pun didukung oleh koneksi yang fleksibel baik menggunakan kabel maupun wireless. Ia berharap, inovasi anak bangsa ini dapat jadi solusi bagi yang membutuhkan infrastruktur presentasi yang memadai, berkualitas tinggi namun ditawarkan dengan harga yang jauh lebih affordable.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement