Kamis 26 Nov 2020 20:11 WIB

Microsoft Hadirkan Dukungan Aplikasi Android di Windows 10

2021 akan menjadi tahun yang penuh dengan perkembangan besar dari Microsoft.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Windows 10
Foto: PC World
Windows 10

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Laporan baru dari Window Central menguraikan apa yang mungkin diharapkan dari Microsoft pada tahun 2021. Windows 10 telah menjadi OS utama Microsoft sejak pertengahan 2015 dan sistem operasinya akan diperbarui secara besar-besaran.

Windows 10X akan menghadirkan banyak pengoptimalan untuk laptop layar ganda dan PC kelas bawah. Dilansir dari GSMArena, Kamis (26/11), Windows 10X diperkirakan akan tiba pada paruh pertama tahun depan. OS awalnya akan tiba untuk komputer berbasis ARM, dimaksudkan untuk bersaing dengan Chrome OS dan iPad OS.

Baca Juga

Windows 10X juga akan mendukung aplikasi Win32 dengan pembaruan di masa mendatang. Microsoft juga dikatakan akan membawa aplikasi Android ke Microsoft Store pada Windows 10 sekitar tahun depan.

Pada jadwal pembaruan, Microsoft merencanakan pembaruan kecil di paruh pertama tahun ini, kemungkinan untuk mempersiapkan kerangka kerja untuk pembaruan besar lainnya untuk paruh kedua tahun ini. Salah satunya, Microsoft akan meluncurkan program emulasi X86 yang memungkinkan PC berbasis ARM menjalankan program desktop biasa.

“Kemampuan ini diharapkan segera memasuki pratinjau dan akan dikirimkan pada 2021,” menurut Windows Central.

Layanan “Cloud PC” baru juga diharapkan. Microsoft pada dasarnya akan membiarkan pengguna “mengalirkan” instance Windows 10 melalui koneksi internet untuk menjalankan program sumber daya tinggi tanpa membebani perangkat keras lokal.

Tahun 2021 akan menjadi tahun yang penuh dengan perkembangan besar dari Microsoft untuk Windows dan akan membantu perusahaan dan mitranya menanggapi kegemparan yang disebabkan oleh Mac Baru yang didukung M1 oleh Apple.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement