Senin 02 Nov 2020 10:06 WIB

Samsung akan Luncurkan Chipset Pertama 5nm

Chipset baru Samsung, Exynos 1080, tampaknya akan menggantikan Exynos 980.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Exynos
Foto: Dok: Samsung
Exynos

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI --  Samsung akan segera meluncurkan Exynos 1080. Ini adalah chipset pertama Samsung berdasarkan proses 5nm. Chipset akan diluncurkan pada 12 November. Informasi ini menurut orang dalam industri, Ice Universe.

“Samsung Exynos 1080 akan dirilis di Shanghai China pada 12 November. Ini pertama kalinya Samsung mengadakan konferensi untuk prosesor,” kata Ice Universe melalui Twitter, dilansir dari Phone Arena, Senin (2/11).

Baca Juga

Phone Arena mendapat pengenalan singkat tentang chip tersebut bulan lalu, ketika Dr. Pan Xuebao dari Samsung pertama kali membicarakannya. Exynos 1080 tampaknya akan menggantikan Exynos 980 yang mendukung ponsel kelas menengah seperti Galaxy A71 5G dan Galaxy A51 5G.

Chip tersebut tampaknya akan memiliki CPU ARM Cortex-A78 sebagai inti utamanya dan juga diharapkan menampilkan GPU Mali G78. Keduanya merupakan peningkatan yang cukup besar jika dibandingkan dengan Exynos 980.

Sebelumnya, dilaporkan Exynos 1080 dimaksudkan hanya menyasar konsumen di China. Ice mencatat ini adalah pertama kalinya Samsung mengadakan acara khusus untuk mengumumkan sebuah chip yang merupakan bukti lebih lanjut bahwa raksasa Korea Selatan itu telah meningkatkan fokusnya pada chip arm-nya.

Samsung sering melengkapi varian Amerika dan Cina dari ponselnya dengan pembuat chip Qualcomm Snapdragon SoC dan model lain mendapatkan chip Exynos. Perusahaan menerima kritik keras tahun ini karena meningkatnya kesenjangan antara chip miliknya dan Snapdragon SoC.

Hal ini rupanya mendorong Samsung untuk membuat beberapa perubahan pada operasi chipnya. Perusahaan dilaporkan tidak akan lagi menggunakan CPU Mongoose-nya sendiri. Sebagai gantinya, Samsung akan menggunakan inti CPU ARM untuk meningkatkan kinerja. Hal tersebut juga tampaknya akan menggantikan GPU Mali dengan GPU AMD untuk grafis yang lebih baik tahun depan.

Skor benchmark yang bocor menunjukkan Exynos 1080 akan mengungguli chipset andalan Qualcomm, Snapdragon 865 Plus, yang didasarkan pada teknologi fabrikasi 7nm. SoC baru kemungkinan akan mengisi bahan bakar smartphone kelas menengah atas.

Sisi lain, nampaknya Samsung juga akan mengumumkan chipset lain selama acara tersebut. SamMobile melaporkan chipset kelas menengah baru yang disebut Exynos 981 telah muncul di situs web Bluetooth SIG.

Hampir tidak ada yang diketahui tentang SoC kecuali SoC tersebut akan mendukung Bluetooth 5.2. Nama chip tersebut menyiratkan akan ditempatkan di antara Exynos 980 dan Exynos 1080.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement