REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram Indonesia meluncurkan fitur belanja untuk semua akun bisnis dan kreator di Indonesia, Selasa (6/10). Fitur tersebut bertujuan untuk memaksimalkan strategi pemasaran pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.
Fitur belanja juga tersedia di IGTV sehingga memberikan opsi lebih banyak bagi pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten menarik untuk menjual produknya. Seluruh fitur bisa diintegrasikan ke Facebook Shop sehingga UMKM bisa membangun bisnis secara bersamaan.
Berikut langkah yang harus dilakukan UMKM untuk menggunakan fitur belanja di Instagram.
Untuk menggunakan fitur Shopping, pertama-tama pelaku bisnis harus membuat toko melalui Commerce Manager. Setelah berhasil, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan mengaktifkan fitur Instagram Shopping.
1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan.
2. Pilih Bisnis dan klik Siapkan Instagram Shopping.
3. Ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun. Demi menjaga keamanan pengguna di platform Instagram, seluruh proses peninjauan untuk permohonan fitur Shopping dilakukan manusia (human reviewer) untuk meminimalisir kesalahan. Oleh karena itu, proses peninjauan biasanya memerlukan waktu beberapa hari, bahkan terkadang dapat memerlukan waktu yang lebih lama.
4. Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, kunjungi Belanja di Pengaturan.
Jika permohonan telah disetujui, pelaku bisnis dapat mengaktifkan fitur Shopping dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Buka pengaturan profil dengan menekan ikon tiga baris yang terdapat di laman profil Instagram, lalu pilih Pengaturan.
2. Pilih Bisnis dan klik Shopping. Jika pelaku bisnis tidak dapat menemukan pilihan Shopping pada menu Bisnis di Pengaturan, besar kemungkinan akun tersebut masih dalam proses peninjauan atau permohonan untuk mendapatkan Instagram Shopping ditolak.
3. Pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan dengan akun bisnis.
4. Tekan Selesai dan pelaku bisnis dapat langsung menggunakan tag Shopping dalam unggahan-unggahannya.