Senin 21 Sep 2020 17:12 WIB

Komparasi iPad Air 4 Vs Samsung Galaxy Tab S7

Apple dan Samsung sama-sama baru meluncurkan tablet baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ipad air generasi terbaru
Foto: cnet
Ipad air generasi terbaru

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-- Apple dan Samsung sama-sama merilis produk tablet baru pada tahun ini. Produk yang diluncurkan itu yakni Galaxy Tab S7 dan S7+ untuk Samsung dan iPad Air 4 untuk Apple.

iPad Air baru mendapatkan layar lebih besar 10,9 inci. Dilansir dari CNeT, Senin (21/9), Touch ID untuk membuka kunci layar akan tersedia di tombol atas sebagai gantinya. Perangkat akan beralih ke koneksi USB-C dari port Lightning milik Apple. Ini merupakan sebuah langkah yang telah dilakukan Apple dengan lini iPad Pro dan laptopnya.

Baca Juga

Prosesor iPad Air baru ditingkatkan ke chip A14 Bionic baru, dari A12 Bionic untuk iPad yang diperkenalkan pada 2018. Apple menyebut prosesor baru ini cukup kuat untuk menangani tugas-tugas seperti mengedit video 4K dan memainkan gim intensif grafis.

iPad Air hadir dalam lima warna yaitu, silver, space grey, rose gold, green and sky blue (model lama hanya tersedia dalam warna silver, space gray dan gold) dan tersedia mulai dari 599 dolar AS.

photo
Samsung Galaxy Tab S7 (kiri) dan Samsung galaxy S7 Plus - (samsung)

Sementara itu, Galaxy Tab S7 dan S7+ didukung Snapdragon 865+ yang memberikan kinerja CPU hingga 30 persen lebih tinggi dan NPU hingga 80 persen lebih baik. GPU 35 persen lebih tinggi menjadi 138 fps akan memberikan pengalaman bermain gim yang jauh lebih menyenangkan.

Sementara, kecepatan refresh rate 120Hz pada layar Galay Tab S7 dan S7+ memberikan pengalaman menonton, membaca dan berselancar lebih nyaman dan responsif.

Ditambah lagi dengan kapasitas besar yaitu 8.000 mAh untuk Tab S7 dan 10.090 mAh untuk Tab S7+, yang sudah mengantongi sertifikasi emisi bluelight yang rendah dari SGS.

Pengguna bisa mendapatkan pengalaman seperti layaknya PC dengan hadirnya Samsung DeX di Galaxy Tab S7 dan S7+. Samsung DeX pada kedua perangkat itu juga ditingkatkan dan dilengkapi dengan sistem One UI terbaru, dengan taskbar yang lebih efisien. Fitur screen zoom dan opsi ukuran font akan semakin memudahkan ketika menggunakan Samsung DeX saat bekerja.

Sisi lain, perangkat ini dilengkapi S Pen yang memiliki desain terbaru dengan form factor membulat dan ujung yang memanjang, sehingga bisa menghadirkan pengalaman menulis dan menggambar yang lebih alami dengan latensi 9ms.

Tab S7 dengan pilihan warna Mystic Black dan Mystic Silver ditawarkan masing seharga Rp 12,9 juta. Adapun Tab S7+ dengan tiga pilihan warna yaitu, Mystic Black, Mystic Silver dan Mystic Bronze dibanderol Rp 16,9 juta.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement