Selasa 01 Sep 2020 06:20 WIB

Cara Manusia Purba Menyesuaikan Perubahan Iklim

Manusia purba membuat peralatan yang semakin kompleks untuk adaptasi perubahan iklim.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Manusia Neanderthal
Foto: abc
Manusia Neanderthal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan iklim  memicu perubahan yang kompleks dalam perilaku Neanderthal atau subspesies manusia purba akhir di Eropa. Mereka diketahui mengembangkan peralatan yang lebih kompleks untuk menyesuaikan dengan perubahan iklim.

Ini adalah kesimpulan yang dicapai oleh sekelompok peneliti dari Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg (FAU) dan Università degli Studi die Ferrara (UNIFE) berdasarkan temuan di Guaa Sesselfelsgrotte di Lower Bavaria. Neanderthal hidup kira-kira 400.000 hingga 40.000 tahun yang lalu di wilayah yang luas di Eropa dan Timur Tengah, bahkan sampai ke tepi luar Siberia.

Baca Juga

Neanderthal membuat perkakas dari bahan kayu dan batu mirip kaca, yang kadang juga mereka gabungkan, misalnya membuat tombak dengan ujung yang tajam dan keras dari batu. Dari sekitar 100.000 tahun yang lalu, alat potong dan kerok universal mereka adalah pisau yang terbuat dari batu, pegangannya terdiri dari ujung tumpul pada alat itu sendiri.

Keilmesser atau bisa dikatakan sebagai pisau berpunggung, asimetris berbentuk bifacially) tersedia dalam berbagai bentuk, membuat para peneliti bertanya-tanya mengapa Neanderthal menciptakan berbagai macam pisau? Apakah mereka menggunakan pisau yang berbeda untuk tugas yang berbeda atau apakah pisau tersebut berasal dari subkelompok Neanderthal yang berbeda?

Inovasi pisau mungkin menjadi adaptasi perubahan iklim

Thorsten Uthmeier dari Thorsten Uthmeier dari Institut Prasejarah dan Sejarah Awal di FAU mengatakan Keilmesser menjadi reaksi terhadap gaya hidup yang berpindah selama paruh pertama zaman es akhir disebut sebagai jawabannya. Ini dapat diasah lagi jika diperlukan, karenanya dapat digunakan untuk waktu yang lama.

"Namun, orang sering lupa bahwa pisau yang dikerjakan dengan dua wajah bukanlah satu-satunya alat yang dimiliki Neanderthal. Pisau yang didukung dari zaman Neanderthal sangat bervariasi," ujar Davide Delpiano dari Sezione di Scienze Preistoriche e Antropologiche di UNIFE, yang merupakan rekan Uthmeier, dilansir Phys, Senin (31/8).

Delpiano mengungkapkan bahwa penelitian saat ini dilakukan menggunakan kemungkinan yang ditawarkan oleh analisis digital model 3-D untuk menemukan persamaan dan perbedaan antara berbagai jenis pisau menggunakan metode statistik. Kedua peneliti tersebut menyelidiki artefak dari salah satu situs Neanderthal terpenting di Eropa Tengah, gua Sesselfelsgrotte di Lower Bavaria.

Selama penggalian di dalam gua yang dilakukan oleh Institute of Prehistory and Early History di FAU, lebih dari 100.000 artefak dan sisa-sisa perburuan yang tak terhitung banyaknya yang ditinggalkan oleh Neanderthal telah ditemukan, bahkan termasuk bukti penguburan subspesies manusia purba ini.

Para peneliti sekarang telah menganalisis alat seperti pisau yang paling signifikan menggunakan pemindaian 3-D yang diproduksi bekerja sama dengan Marc Stamminger dan Frank Bauer dari Ketua Komputasi Visual di Departemen Ilmu Komputer di FAU. Mereka memungkinkan bentuk dan properti pahat dicatat dengan sangat tepat.

"Repertoar teknis yang digunakan untuk membuat Keilmesser tidak hanya bukti langsung dari keterampilan perencanaan lanjutan dari kerabat kita yang punah, tetapi juga reaksi strategis terhadap pembatasan yang diberlakukan pada mereka oleh kondisi alam yang merugikan," jelas Uthmeier.

Apa yang Uthmeier sebut sebagai kondisi alam yang merugikan adalah perubahan iklim setelah berakhirnya interglasial terakhir lebih dari 100.000 tahun yang lalu. Fase dingin yang sangat parah selama periode glasial Weichsel berikutnya dimulai lebih dari 60.000 tahun yang lalu dan menyebabkan kekurangan sumber daya alam. Untuk bertahan hidup, Neanderthal harus menjadi lebih mobile dari sebelumnya dan menyesuaikan peralatan mereka.

Neanderthal mungkin meniru fungsionalitas pisau yang didukung unifacial, yang hanya dibentuk di satu sisi dan menggunakannya sebagai titik awal untuk mengembangkan Keilmesser yang dibentuk secara dua wajah yang berbentuk di kedua sisi. Hal ini secara khusus ditunjukkan oleh kemiripan pada cutting edge, yang terdiri dari bagian bawah datar dan bagian atas cembung, yang terutama cocok untuk memotong secara memanjang, yang berarti cukup tepat untuk menyebut pahat sebagai pisau.

Kedua jenis pisau, versi lama yang lebih sederhana dan yang lebih baru, versi yang jauh lebih kompleks jelas memiliki fungsi yang sama. Perbedaan terpenting antara kedua alat yang diselidiki dalam hal ini adalah umur alat yang lebih lama.

Oleh karena itu, Keilmesser mewakili konsep teknologi tinggi untuk alat yang tahan lama. Selain itu, alat bersifat multifungsi, yang dapat digunakan tanpa aksesori tambahan seperti gagang kayu.

“Studi dari kelompok penelitian lain tampaknya mendukung interpretasi kami. Tidak seperti yang diklaim beberapa orang, lenyapnya Neanderthal tidak mungkin disebabkan oleh kurangnya inovasi atau pemikiran metodis,” jelas Uthmeier.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement