Ahad 30 Aug 2020 17:30 WIB

5 Hal yang Perlu Diingat Saat Memilih Gim Gratis

Jangan pernah mengunduh sesuatu dari situs yang tidak dikenal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bermain gim (ilustrasi)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Bermain gim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA-- Banyak sekali  gim gratis bertebaran di internet. Namun pada dasarnya, pemain tidak dianjurkan untuk mengunduh segala sesuatu yang ditemukan secara gratis atau membuka tautan yang menjanjikan barang gratis.

Sesuatu yang terlihat gratis tetap dapat merugikan pengguna dalam berbagai cara. Kaspersky, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id beberapa waktu lalu, membagikan beberapa tips tentang cara memilih gim secara aman.

Baca Juga

Unduh gim dari sumber terpercaya. Saat ini, semakin banyak platform gim muncul setiap tahunnya. Banyak para pengembang independen ingin menjual gim langsung di situs mereka sendiri untuk menghindari pembayaran komisi penjualan ke toko.

Oleh karena itu, beberapa gamer berpikir tidak ada salahnya mengunduh gim langsung dari situs web acak, bahkan jika mereka belum pernah mengunjunginya. Dalam situasi seperti inilah yang dieksploitasi oleh para scammers di internet melalui situs pishing dan distribusi malware. Jangan pernah mengunduh sesuatu dari situs yang tidak dikenal dan jangan pernah mengklik tautan dari orang asing.

Masukkan alamat toko gim secara manual pada browser. Berhati-hatilah sebelum memasukkan nama pengguna  dan kata sandi halaman apa pun yang dibuka dengan tautan. Situs tersebut mungkin saja palsu, kemudian dihosting di alamat yang sangat mirip dengan toko asli.

Para peretas ini ingin mengumpulkan informasi login dan membajak akun pemain. Cara terbaik adalah menggunakan klien resmi toko gim atau memasukkan URL di bilah alamat browser secara manual.

Hanya mencari gim dari pengembang dan penerbit terverifikasi. Studio kecil dapat merilis sebuah gim yang tren secara global, sehingga para pemain dapat tertarik pada pengembang baru. Pelaku kejahatan siber yang menyamarkan malware di tempat pengembang baru ingin memanfaatkan kesempatan ini.

Oleh karena itu, sebelum mengunduh apa pun, carilah informasi tentang proyek tersebut di internet terlebih dulu. Jika pengembang mengalami masalah keamanan, kemungkinan besar pemain akan menemukan berita terkait di media gim dan forum.

Membaca ulasan pemain lain. Pastikan untuk membaca ulasan sebelum menginstall gim. Jika sebuah gim mendapatkan banyak kritik, itu menjadi tanda bagi pemain untuk tidak melanjutkannya.

Jangan matikan proteksi dan perlindungan. Beberapa gamer menonaktifkan perlindungannya, karena menurut mereka hal itu akan membantu memaksimalkan performa gim. Kenyataannya itu merupakan ide yang buruk, terutama karena saat menonaktifkan solusi antivirus, perlindungan bawaan Windows akan bekerja dan akan menghabiskan sebagian sumber daya komputer pemain.

Sebaliknya, beberapa solusi pihak ketiga, seperti Kaspesky Security Cloud, menawarkan mode permainan di mana perangkat lunak antivirus meringankan beban pada CPU selama bermain gim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement