Selasa 25 Aug 2020 17:13 WIB

Teleskop Canggih Ini Bisa Dioperasikan Lewat Ponsel

Aplikasi Starsense Celestron menggunakan ponsel untuk memindai langit.

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang petugas melihat ke langit menggunakan teleskop. ilustrasi
Foto: AP/ Fareed Khan
Seorang petugas melihat ke langit menggunakan teleskop. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Penggemar astronomi, terutama pemula, semakin dimudahkan untuk mengamati langit malam dengan hadirnya teleskop terbaru Celestron. Sebab, pengguna hanya perlu ponsel untuk mengoperasikannya.

Terdapat dua jenis teleskop terbaru Celestron, yakni Starsense Explorer DX 130AZ dan Starsense Explorer LT 114AZ. Efektifitas keduanya telah ditinjau oleh Senior Video Producer Cnet, Mitchell Chang, sejak empat bulan lalu dan hasilnya dimuat dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Ahad (23/8).

Baca Juga

Chang mengatakan, penggunaan ponsel pada dua jenis teleskop itu memudahkan pengguna menemukan objek di langit malam. Setelah memasang aplikasi Starsense Celestron di ponsel pintar, pengguna akan diberikan panduan tentang berbagai objek langit dan waktu untuk bisa melihatnya.

Pada dasarnya, lanjut dia, aplikasi tersebut menggunakan kamera ponsel untuk memindai langit malam dan kemudian mengirimkan hasil pindaian kembali ke database Celestron. Hal ini sangat membantu, terutama untuk pemula yang tidak tahu apa yang dicari, apalagi yang dilihat.

Menurut Chang, penggunaan aplikasi ponsel untuk mengetahui kondisi real-time langit malam sebenarnya bukanlah teknologi baru. Namun, penggabungan langsung dengan teleskop jelas sesuatu yang sama sekali baru.

"Aplikasi Starsense adalah suatu keharusan karena fakta sederhana bahwa ia tidak hanya memberi tahu Anda apa yang terlihat di langit malam, tetapi juga memandu Anda dan teleskop ke objek tersebut," tulis Chang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement