Rabu 19 Aug 2020 00:39 WIB

Obat Bipolar Jadi Kandidat Potensial Lawan Covid-19

Obat bipolar dan gangguan pendengaran disebut dapat mencegah replikasi virus corona.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona (ilustrasi). Dengan menggunakan simulasi komputer yang canggih, para ilmuwan mengidentifikasi obat gangguan bipolar dan gangguan pendengaran dapat diigunakan untuk Covid-19.
Foto: www.freepik.com

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Dengan menggunakan simulasi komputer yang canggih, para ilmuwan telah mengidentifikasi obat yang sudah ada sebelumnya, yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Simulasi ini juga dapat mengidentifikasi gangguan bipolar dan gangguan pendengaran, yang dapat mencegah virus corona baru mereplikasi di sel inang.

Ini merupakan suatu kemajuan yang dapat mengarah pada solusi terapeutik melawan Covid-19. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances tersebut menilai protease utama molekul, Mpro, dari virus corona yang merupakan enzim kunci yang memainkan peran sentral dalam siklus hidupnya.

Menurut para peneliti, termasuk dari University of Chicago di AS, Mpro memfasilitasi kemampuan virus untuk membuat protein dari materi genetiknya, RNA, dan memungkinkan patogen untuk mereplikasi di dalam sel inang.  Menggunakan keahlian mereka dalam pemodelan molekul biologis, para ilmuwan dengan cepat menyaring ribuan senyawa yang ada untuk penggunaan potensial melawan virus.

"Berdasarkan banyaknya senyawa yang dipertimbangkan dalam layar throughput tinggi, perhitungan tersebut harus melibatkan sejumlah penyederhanaan. Hasilnya kemudian harus dievaluasi menggunakan eksperimen dan perhitungan yang lebih halus," jelas rekan penulis studi Juan de Pablo dari Universitas Chicago, dilansir Times Now News, Selasa (18/8).

Mereka menemukan bahwa obat farmasi yang menjanjikan sebagai senjata melawan Mpro adalah Ebselen. Ebselen adalah senyawa kimia dengan sifat anti-virus, anti-inflamasi, anti-oksidatif, bakterisidal, dan pelindung sel.

Menurut para peneliti, Ebselen digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk gangguan bipolar dan gangguan pendengaran. Mereka mengatakan beberapa uji klinis telah membuktikan keamanannya untuk digunakan pada manusia.

Dalam penelitian tersebut, de Pablo dan timnya mengembangkan model terperinci dari enzim dan obat tersebut. Dengan simulasi super komputer yang canggih mereka menemukan bahwa Ebselen mampu menurunkan aktivitas Mpro dengan dua cara berbeda.

"Selain mengikat di situs enzim katalis, Ebselen juga mengikat kuat ke tempat yang jauh, yang mengganggu fungsi katalis enzim dengan mengandalkan mekanisme di mana informasi dibawa dari satu wilayah molekul besar ke wilayah lain yang jauh, menjauh darinya melalui reorganisasi struktural yang halus," jelas de Pablo.

Menurut para ilmuwan, temuan ini sangat penting karena membantu menjelaskan potensi kemanjuran Ebselen sebagai obat yang digunakan kembali. Ini juga mengungkapkan kerentanan baru pada virus yang sebelumnya tidak diketahui dan dapat berguna dalam mengembangkan strategi terapeutik baru melawan Covid-19.

Sementara para peneliti percaya studi lebih lanjut diperlukan untuk menguji obat terhadap Covid-19, mereka percaya dua situs pengikatan di Mpro tampak menjanjikan bagi Ebselen untuk menjadi timbal obat baru.

"Protease utama adalah salah satu dari banyak protein dalam virus yang dapat ditargetkan dengan obat-obatan yang digunakan kembali, dan ada ribuan senyawa yang harus dipertimbangkan,” kata de Pablo.

"Kami secara sistematis menyelidiki setiap protein yang terlibat dalam fungsi virus dan menyelidiki kerentanannya serta tanggapannya terhadap berbagai macam obat," jelasnya.