Kamis 09 Jul 2020 11:32 WIB

Kecilin, Aplikasi Pengompres Data Buatan Anak Muda Indonesia

Mengompres data dengan Kecilin juga bisa menghemat data.

Internet. Ilustrasi
Foto:

Kecilin tidak lahir tiba-tiba. Semua berawal dari keinginannya untuk mengkompresi data saat harus mengunduh aplikasi game.

"Waktu SMP itu saya profesional gamers, gamer yang berpenghasilan. Dari situ tertarik gimana sih caranya membuat game. Lalu, ketika mulai, saat itu 2015-2016 membuat game sendiri tertarik dengan AI," ujar Farrel.

Saat bermain game, Farrel mengaku sering menemui "musuh" bot (program komputer). Berangkat dari rasa penasarannya pada pembuatan AI dalam program komputer yang adaptif terhadap ritme pemain game, Farrel menjadi tertarik lebih jauh dengan AI, tepatnya Machine Learning.

Sejak saat itu Farrel mulai tertarik dan melakukan banyak riset tentang Machine Learning. Hingga ketika liburan semester tahun 2017 dia menemukan ide untuk membuat temuan teknologi.

"Waktu itu pengen download game yang ukurannya 30GB, sedangkan kuota yang aku punya cuma 5-6GB, aku ari cara ada enggak sih format yang sudah kekompres. Ternyata ada, tapi maslahnya adalah ukurannya sama, jadi enggak ada perubahan yang signifikan dari segi ukuran," kata Farrel.

Farrel, yang saat itu duduk merupakan siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta, kemudian melakukan riset mendalam soal impelementasi Machine Learning dan AI untuk kompresi data. Dari situ, Farrel tertarik mengikuti ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR).

Dari situ, dia menemukan algoritma dengan core yang baru yang digabungkan dengan sudut pandang ilmu lainnya. Akhirnya dia mengikuti berbagai macam lomba.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement