Selasa 23 Jun 2020 15:26 WIB

Ilmuwan Teliti Dampak Lockdown Manusia pada Satwa Liar

Lockdown tidak hanya menimbulkan dampak positif, tapi juga perburuan satwa liar.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Seekor owa putih atau juga dikenal dengan sebutan owa ungko (Hylobates agilis) yang dilepasliarkan. ilustrasi
Foto: ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
Seekor owa putih atau juga dikenal dengan sebutan owa ungko (Hylobates agilis) yang dilepasliarkan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah tim yang dipimpin Inggris telah meluncurkan inisiatif untuk melacak satwa liar sebelum, selama dan setelah pemberlakukan lockdown. Tujuan mereka adalah untuk mempelajari apa yang mereka sebut 'antropause' atau perlambatan temporer dalam aktivitas manusia dalam skala global.

Menurut para peneliti, mengukur dampak itu akan mengungkapkan cara-cara di mana manusia dapat berbagi planet saat keadaan semakin ramai. Mereka menguraikan penelitian ini dalam sebuah makalah di jurnal Scientific Reports.

Baca Juga

Dilansir di BBC, Selasa (23/6), mereka menguraikan langkah-langkah mendesak untuk memungkinkan para ilmuwan belajar sebanyak mungkin dari ketiadaan manusia secara tiba-tiba di banyak lanskap. Ini termasuk memastikan bahwa para peneliti memiliki akses dan izin untuk melakukan pekerjaan mereka.

Penelitian dipimpin Christian Rutz dari University of St Andrews yang merupakan presiden International Bio-logging Society. Dia menunjukkan bahwa bio-logger, alat pelacak kecil yang dipasang pada hewan untuk merekam pergerakan mereka dan perilaku lainnya, telah mengumpulkan informasi di habitat di seluruh dunia selama pandemi.

"Ada peluang penelitian yang sangat berharga di sini, yang telah dibawa oleh keadaan yang paling tragis, tapi itu kami pikir kami tidak bisa melewatkannya," kata Rutz.

Biasanya, studi yang mencoba untuk menguji dampak keberadaan manusia dan aktivitas pada hewan liar terbatas pada membandingkan habitat yang dilindungi dengan wilayah yang tidak dilindungi, atau mempelajari lanskap setelah bencana alam.

"Tetapi selama lockdown, kami memiliki ini direplikasi di seluruh dunia, di berbagai tempat dan untuk habitat di mana beberapa spesies telah dilengkapi dengan alat pelacak sepanjang waktu," kata Prof Rutz.

Ada banyak akun di media sosial tentang satwa liar yang tampaknya memanfaatkan ketidakhadiran kita. Satwa liar masuk ke kota. Namun di beberapa tempat, kurangnya aktivitas manusia tampaknya merugikan. Ini meningkatkan perburuan liar didorong oleh kemiskinan, dan tidak adanya ekowisata.

"Tidak ada yang mengatakan bahwa manusia harus tetap lockdown secara permanen," tambah Prof Rutz.

"Tapi bagaimana jika kita melihat dampak besar dari perubahan kita dalam penggunaan jalan, misalnya? Kita bisa menggunakannya untuk membuat perubahan kecil pada jaringan transportasi kita yang bisa memiliki manfaat besar," jelasnya.

Prof Jim Smith dari University of Portsmouth telah menjadi bagian dari apa yang mungkin dianggap sebagai studi antropause pertama. Ini adalah penyelidikan jangka panjang terhadap perubahan lanskap yang ditinggalkan di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang rusak.

"Hanya beberapa tahun setelah evakuasi Zona Pengecualian, peneliti Belarusia dan Ukraina menemukan spesies yang berhubungan dengan manusia, seperti merpati dan tikus, menghilang. Tetapi hewan liar seperti babi hutan, rusa, dan serigala, berlipat ganda," katanya.

Dia mengungkapkan, ditinggalkan lebih dari 30 tahun kemudian, zona tersebut telah menjadi contoh ikon dari pembangunan kembali yang tidak disengaja.

"Dengan biaya ekonomi dan manusia yang besar, Covid dan Chernobyl memaksa kita untuk menekan tombol jeda pada kerusakan lingkungan kami," ucap Prof Smith.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement