Senin 15 Jun 2020 17:25 WIB

Dianggap Sumber Virus Corona, Ini Fakta-Fakta Kelelawar

Penelitian menemukan kesamaan 96 persen virus penyebab covid pada kelelawar.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Kelelawar (Ilustrasi)
Kelelawar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kelelawar disebut-sebut sebagai biang asal mula virus corona baru. Pada bulan Maret, para peneliti menerbitkan sebuah penelitian yang menemukan kesamaan 96,2 persen antara virus corona yang menyebabkan Covid-19 dan virus yang ditemukan pada kelelawar tapal kuda dari provinsi Yunnan di China.

"Sembilan puluh enam persen adalah virus yang berbeda; ini agak mirip dengan perbedaan antara kita dan simpanse," kata Peter Daszak, presiden dari Aliansi EcoHealth nirlaba, dalam Laporan Khusus CNN

Baca Juga

"Ini adalah spesies virus yang berbeda. Tetapi apa yang dikatakannya adalah dari mana virus itu berasal. Itu berarti bahwa SARS-CoV-2 mungkin berasal dari kelelawar dan mungkin di China Selatan," jelasnya, dilansir dari CNN, Senin (16/6).

Secara keseluruhan, kelelawar telah mendapatkan reputasi yang buruk, tidak hanya dengan koneksi mereka ke Covid-19 dan wabah virus lainnya tetapi juga dalam simbolisme budaya.  Kelelawar dikaitkan dengan vampir, kegelapan, kejahatan, sihir, dan kematian.

Namun, seperti yang dikatakan para ahli, mamalia terbang ini memiliki peran penting dalam ekosistem kita, dan ada banyak fakta unik yang kemungkinan besar orang tidak mengetahuinya. Ini termasuk bagaimana mereka membantu menghasilkan tequila.

Berikut beberapa peran penting kelelawar dalam kehidupan:

Memangsa Serangga, seperti Nyamuk

Nancy Simmons, kurator mamalogi Museum Sejarah Alam Amerika mengatakan kelelawar memainkan peran besar dalam ekosistem dengan mengendalikan populasi serangga. Dalam satu jam, kelelawar berukuran normal dapat memakan hingga 500 hingga 1.000 nyamuk, yang dapat membawa penyakit seperti virus Zika, demam berdarah atau malaria.

Kebiasaan makan serangga kelelawar juga menghemat banyak uang untuk pertanian. "Untuk ekonomi AS, kelelawar bernilai lebih dari satu miliar dolar setiap tahun dalam hal berapa banyak pestisida yang tidak perlu kita gunakan dan berapa banyak lagi makanan yang kita dapatkan," kata Dan Riskin, ahli biologi evolusi.

Kelelawar berekor Meksiko dari Texas bebas memakan banyak ngengat, melindungi tanaman jagung di wilayah tersebut. Pengendalian hama bukan satu-satunya kontribusi kelelawar pada ekosistem kita. Kotoran kotoran kelelawar pemakan buah, terutama yang ada di hutan hujan, menebarkan benih, membantu regenerasi tanaman dan pohon yang sebelumnya rusak atau ditebang.

Kotoran Kelelawar Mengandung Nitrogen

Kotoran kelelawar juga mengandung nitrogen. Nitrogen merupakan bahan penting untuk tanaman karena merupakan komponen utama klorofil, senyawa di mana tanaman menggunakan energi dari matahari untuk menghasilkan gula dari air dan karbon dioksida.

Nitrogen juga merupakan elemen penting dari asam amino, bahan pembangun protein.Dan secara historis, kelelawar gua telah dipanen untuk pupuk dan kemudian bahan peledak selama Perang Sipil.  Kandungan nitrat yang tinggi dari feses mereka menyediakan bahan utama untuk memproduksi bubuk mesiu di tengah kekurangan pasokan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement