Senin 15 Jun 2020 16:48 WIB

Seperti Manusia, Burung Ternyata Punya Dialek Daerah

Kicauan burung terdengar berbeda tergantung dari mana mereka berasal.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Burung berkicau
Burung berkicau

REPUBLIKA.CO.ID, CHRISTCHURCH -- Laura Molles sangat terbiasa dengan burung. Dia bisa tahu spesies burung hanya dengan mendengarkan suara mereka.

Ahli ekologi di Christchurch, Selandia Baru ini berspesialisasi dalam bidang sains yang kurang dikenal: dialek burung. Dilasnir dari CNN, beberapa burung dilahirkan mengetahui cara bernyanyi secara bawaan. Namun, banyak yang perlu diajari cara bernyanyi oleh orang dewasa, seperti halnya manusia.

Baca Juga

Burung-burung itu dapat mengembangkan dialek daerah. Artinya, nyanyian mereka terdengar sedikit berbeda tergantung di mana mereka tinggal.

Sama seperti berbicara bahasa lokal dapat membuat manusia lebih mudah menyesuaikan diri, berbicara dengan dialek burung lokal dapat meningkatkan peluang burung untuk menemukan jodoh. Yang lebih mengerikan, sama seperti dialek manusia, kadang-kadang bisa menghilang ketika dunia mengglobal, dialek burung dapat dibentuk atau hilang ketika kota tumbuh.

 

Kesamaan antara bahasa manusia dan nyanyian burung tidak hanya diketahui oleh Moles. "Ada kesejajaran yang luar biasa. Budaya, tradisi lisan, semua sama saja." kata pakar ornitologi Amerika Donald Kroodsma, penulis Birdsong for the Curious Naturalist: Your Guide to Listening.

Selama berabad-abad, nyanyian burung telah menginspirasi para penyair dan musisi. Namun, baru pada tahun 1950an para ilmuwan mulai memperhatikan dialek burung.

Salah satu pelopor lapangan adalah seorang ahli perilaku kelahiran Inggris bernama Peter Marler. Dia merasa tertarik ketika dia melihat bahwa burung chaffinches di Inggris terdengar berbeda dari lembah ke lembah.

Menurut pakar burung David Luther, pada tahun 60-an dan 70-an, para ilmuwan memasukkan bayi burung ke dalam ruang isolasi suara untuk melihat apakah mereka dapat menyanyikan lagu-lagu mereka.

Para ilmuwan menemukan bahwa beberapa burung, yang mempelajari lagu-lagu mereka, tidak dapat bernyanyi sama sekali.

"Mereka hanya melanjutkan seperti celoteh bayi sepanjang hidup mereka," katanya.

Burung-burung itu dikenal sebagai 'burung nyanyian sejati'. Pada burung lain, bernyanyi adalah bawaan.

"Ketika mereka dewasa, mereka hanya bisa menyanyikan lagu yang sempurna tanpa masalah." kata Luther.

Ketika burung meniru orang dewasa, para ilmuwan menemukan, mereka kadang membuat kesalahan. Kesalahan itu kemudian disalin oleh burung lain, dan dialek lokal berkembang.

"Itu berarti bahwa dialek hanya dapat ada dalam burung nyanyian sejati karena mereka memiliki tradisi lisan yang dipelajari," kata Kroodsma.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement