Rabu 10 Jun 2020 19:52 WIB

3 Fitur Google untuk Mudahkan Penyandang Disabilitas

Fitur baru Google memudahkan penyandang disabilitas menggunakan perangkat seluler.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google
Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Internet seharusnya mudah diakses oleh siapa pun. Tak terkecuali, bagi para penyandang disabilitas.

Bersamaan dengan peringatan Hari Kesadaran Aksesibilitas Global, beberapa waktu lalu, Google mengumumkan tiga fitur terbarunya. Ketiganya hadir untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam menggunakan perangkat seluler mereka.

Baca Juga

Action Blocks

Action Blocks merupakan aplikasi yang menyediakan akses mudah untuk melakukan tindakan-tindakan rutin melalui satu tombol yang bisa disesuaikan di layar utama.

Pengguna cukup meluncurkan Action Blocks dan memilih aktivitas bermanfaat yang telah disediakan. Pengguna bisa juga menyiapkan tindakannya sendiri, memilih gambar untuk tombolnya, dan tinggal meletakkannya di layar utama.

Software Engineer & Technology Lead Action Blocks Google Ajit Narayanan mengatakan, Google ingin memberikan cara mudah bagi penyandang disabilitas kognitif untuk melakukan kegiatan sehari-hari. "Mulai dari menghubungi kerabat mereka melalui panggilan video hingga melihat prakiraan cuaca," ujar Ajit Narayanan dalam virtual briefing.

Transkripsi Instan

Pada Februari 2019 Google meluncurkan Transkripsi Instan yang menyajikan teks dari audio secara gratis dan instan. Fitur ini memungkinkan percakapan sehari-sehari antara orang yang tidak bisa mendengar, mengalami gangguan pendengaran, dan pendengaran normal.

Google kini mengumumkan pembaruan besar ketiga untuk aplikasi ini. Fitur baru tersebut memiliki kemampuan untuk membuat ponsel bergetar saat nama pengguna disebut. "Fitur tersebut membantu memahami ketika saya dipanggil atau ketika seseorang menginginkan perhatian saya. Itu bagus untuk semua orang," kata Product Manager Android Accessibility Google Brian Kemler.

Pengguna juga bisa menambahkan sendiri kata, nama tempat dan nama benda ke Transkripsi Instan. Termasuk juga, kata-kata yang jarang ada di kamus serta dapat melakukan penelusuran dalam transkripsi yang disimpan.

Amplifier Suara

Aplikasi ini diluncurkan untuk membuat audio di ponsel pintar lebih jernih. Pengguna dapat memperkeras suara yang lemah tanpa membuat suara yang keras menjadi lebih keras.

Pengguna pun bisa mengatur preferensi audio sesuai keinginan mereka. Selain itu, Amplifier Suara dapat digunakan sebagai amplifier portable dengan headphone bluetooth. Dengan begitu, pengguna bisa meletakkan pengguna di dekat sumber suara dan memperkeras suaranya tanpa mengganggu orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement