Selasa 09 Jun 2020 05:55 WIB

Telegram Masukan Fitur Edit Video Terintegrasi

Lewat fitur built in video editor, pengguna bisa meyunting video seperti di aplikasi.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo Aplikasi Telegram
Foto: Youtube
Logo Aplikasi Telegram

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA --  Telegram membuat pembaruan fitur video messaging lewat fitur built-in video editor. Dilansir dari Slash Gear pada Senin (8/6), fitur ini pun membuat pengguna dapat melakukan editing video secara terintegrasi seperti saat melakukan proses editing foto pada aplikasi tersebut.

Fitur editing pada foto telah tertanam dalam Telegram sejak beberapa tahun lalu. Dengan adanya pembaruan ini, maka pengguna dapat dengan mudah untuk melakukan penyesuaian kontras dan pencahayaan pada video. Bahkan, pengguna juga dapat menambahkan stiker animasi pada video dan foto lewat Telegram.

Baca Juga

Dengan adanya fitur stiker animasi ini, artinya Telegram juga telah melengkapi fiturnya dengan file dalam format GIF. Pengguna yang menyisipkan stiker animasi pada foto pun akan secara otomatis mengubah format foto itu menjadi GIF.

Dengan seluruh fitur terbaru ini, Telegram pun berharap aplikasi ini dapat menjadi sebuah aplikasi chating yang lebih interaktif dan praktis. Apalagi, pengguna masa kini pun tak lagi cukup untuk hanya bercakap lewat kata-kata namun lebih mengingikan percakapan yang lebih "hidup" lewat foto, video dan GIF.

Selain Telegram, Facebook pun bulan lalu juga sempat melakukan inovasi yang berkaitan degan foto dan video. Facebook saat ini sedang mengembangkan fitur baru untuk dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pengiriman atau pemindahan foto dan video.

Pengembangan ini telah dilakukan sejak 2018 lewat Data Transfer Project. Untuk mewujudkan hal ini, Facebook pun menggandeng sejumlah pengembang platform lainya.

Fitur ini dikembangkan karena Facebook menyadari bahwa banyak pengguna yang sangat akrab dengan dunia foto dan video. Sehingga, banyak pengguna yang kerap mengunggah foto maupun video pada akun Facebook.

Karena begitu banyak foto dan video yang diunggah, terkadang pengguna pun kesulitan saat mencari foto yang sedang dibutuhkan. Oleh karena itu, Facebook pun menambahkan fitur yang terhubung dengan Google Photos.

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna Facebook dapat memindahkan foto dan video ke Google Photos. Sehingga, pengguna dapat lebih dimudahkan saat akan mencari dokumen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement