Senin 18 May 2020 15:37 WIB

Inovasi Indonesia untuk Bantu Menangani Penyebaran Corona

Ilmuwan Indonesia membuat ventilator, robot hingga aplikasi untuk menangani corona.

Ventilator Vent-I yang dibuat oleh ITB tidak serumit yang biasanya, namun tetap bisa berfungsi baik dan sudah disetujui sejumlah dokter.
Foto:

Selain robot RAISA, terdapat juga robot karya warga Indonesia lainnya dengan fungsi yang berbeda. Robot ini mendisinfeksi ruangan isolasi menggunakan sinar UVC atau Ultra Violet type-C.

Robot tersebut bernama 'Autonomous UVC Mobile Robot' (AUMR) yang diciptakan oleh Telkom University dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Bandung.

Ravindra Ditama, atau Tama, manajer teknik dari tim robot mengatakan penggunaan sinar ultraviolet dalam proses disinfeksi lebih efektif dibandingkan menggunakan cairan.

"Cara kerja [AUMR] adalah dengan memancarkan sinar UVC, sehingga DNA virus akan mati dengan tidak mereplikasi dirinya," kata Tama kepada Natasya Salim dari ABC Indonesia.

"Awalnya kami juga berpikir untuk menggunakan desinfektan cairan, tapi cairan tersebut untuk tidak tahan lama dan dapat meninggalkan bekas, seperti ketika disiram ke benda, benda itu akan berjamur."

Sejak dua bulan lalu, tim yang beranggotakan 11 orang sudah menciptakan enam buah robot AUMR. Robot ini sudah diuji di tiga rumah sakit dan diharapkan dapat segera beroperasi.

 

sumber : ABC.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement