Rabu 13 May 2020 16:50 WIB

Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca oleh Penerima

Email tidak seperti aplikasi pesan yang memberikan tanda biru ketika sudah dibaca.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi email.
Foto: en.wikipedia.org
Ilustrasi email.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agak sulit mengetahui apakah email sudah dibaca atau belum oleh penerima. Pesan email tidak seperti pesan Whatsapp yang memberikan tanda biru ketika sudah dibaca oleh penerima.

Namun, cukup penting untuk mengetahui apakah email sudah dibaca atau belum oleh penerima. Karena, jika Anda tahu orang tersebut telah membaca email Anda tetapi belum membalas, maka Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Baca Juga

Namun, jika mereka belum membaca email Anda, maka mungkin mereka sibuk dan Anda dapat memberi mereka sedikit lebih banyak waktu sebelum mengirimnya lagi. Sekarang ini tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk melacak apakah seseorang telah membaca email atau tidak.

Untuk pengguna Microsoft Outlook untuk mengirim email, sebenarnya perusahaan sudah membangun fitur tanda terima baca email dalam perangkat lunak. Yang perlu dilakukan hanyalah menyalakannya.

Buka file, kemudian pilih opsi. Pengguna kemudian bisa memilih Mail. Di bawah Tracking, pilih Delivery receipt yang mengonfirmasikan pesan dikirim ke server email penerima atau  Read receipt yang mengkonfirmasi penerima melihat kotak centang pesan. Klik OK dan pengguna siap melakukannya.

Metode ini akan menerapkan permintaan tanda terima baca untuk semua email pengguna yang dikirim dari Outlook. Jika Anda tidak melihat kebutuhan untuk melacak setiap email tunggal, ada opsi untuk melacak email tunggal.

Tulis email baru, pilih kota centang di bawah Options, kemudian pilih Tracking. Klik Request a Read Receipt. Selesaikan menulis email Anda dan kirimkan. Anda akan diberi tahu saat pengguna membaca email Anda.

Sementara itu, dengan Gmail, Google mengizinkan pelacakan email. Tetapi sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk mereka yang berada dibawah program G Suite.

Ini berarti jika Anda memiliki akun Gmail yang untuk penggunaan pribadi, Anda tidak akan dapat menggunakan pelacak bawaan. Untuk Anda yang memiliki akun G Suite, maka ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk mendapat Read receipt email.

Tulis email baru di Gmail. Di bagian bawah jendela Write, klik More , kemudian Request read receipt. Setelah selesai menulis email Anda, tekan kirim dan Anda akan diberi tahu ketika email telah dibaca.

Selanjutnya, Mailtrack. Seperti yang dilansir dari Uber Gizmo, Selasa (12/5), Mailtrack adalah ekstensi browser yang saat ini hanya berfungsi dengan Google Chrome.

Cara melacak email mirip dengan bagaimana messengers melacak pesan, dengan menampilkan satu centang jika email Anda dikirim tetapi tidak dibuka dan centang dua kali yang menunjukkan email telah dibuka (dan mungkin dibaca).

Mailtrack ini gratis untuk digunakan tetapi masalahnya adalah email sekarang akan berisi signature “Sent with Mailtrack” yang bisa dihapus dengan lima dolar Amerika Serikat (AS) sebulan. Berlangganan versi Pro  juga akan membuka kunci fitur tambahan yang mungkin dapat dihargai oleh bisnis dan profesional. Namun, versi gratisnya harus cukup baik untuk penggunaan individu dan pribadi. Jika tertarik memeriksanya, pengguna bisa mengunjungi Web Chrome Store untuk memasangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement