Rabu 13 May 2020 12:24 WIB

Aplikasi Kedai Sayur Jadi Alternatif Belanja Produk Pangan

Layanan Kedai Sayur juga tersedia di Tokopedia dan Blibli.

Aplikasi Kedai Sayur
Foto: Play Store
Aplikasi Kedai Sayur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanja sayur secara daring selama masa pandemi Covid-19 jadi semakin lazim. CEO Kedai Sayur, Adrian Hernanto mengatakan, pasar produk pangan mulai berubah sejak Covid-19 merebak pada awal Maret.

Adrian mendapati, permintaan sayur dari hotel, restoran, dan kafe merosot. Sementara itu, permintaan dari tukang sayur dan pelanggan rumah tangga meningkat signifikan.

Baca Juga

“Sebelum Covid-19, kami sangat percaya diri dengan penjualan business-to-business (B2B) ke hotel, restoran , dan kafe," katanya dalam siaran resmi, Rabu.

Menurut Adrian, pertumbuhan bisnis B2B Kedai Sayur selama ini lebih dari 20 persen per bulan. Namun, semenjak bulan Maret, permintaan tersebut turun hampir 50 persen.

"Berbarengan dengan hal tersebut, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada permintaan yang berasal dari tukang sayur dan juga pelanggan rumah tangga,” tutur Adrian.

Kedai Sayur pun menjadi salah satu alternatif masyarakat dalam memanfaatkan layanan pesan antar bahan makanan secara daring. Kedai Sayur membuat layanan itu untuk memenuhi kenaikan tajam permintaan sejak pemerintah menerapkan pembatasan aktivitas penduduk dalam upaya memperlambat penyebaran virus corona.

Selain itu, Adrian menjelaskan, pembatasan operasional pasar induk dan pasar lokal menganggu pola distribusi produk pangan segar di Indonesia. Dampaknya, bukan hanya pelanggan yang tidak bisa belanja ke pasar.

"Petani juga kehilangan medium untuk menyalurkan hasil panen mereka,” kata Adrian.

Kedai Sayur lalu mempercepat peluncuran layanan business-to-consumer sehingga pelanggan bisa memenuhi kebutuhan pangan harian sambil menaati peraturan pemerintah untuk tetap di rumah. Kini, Kedai Sayur melayani pengiriman sayur dan lauk pauk langsung ke rumah pelanggan melalui aplikasi KedaiSayur dan toko daring di Tokopedia dan Blibli.

Kedai Sayur juga meluncurkan inisiatif yang membantu petani untuk mendistribusikan hasil panen mereka ke pelanggan. Inisiatif tersebut dijalankan lewat kerja sama langsung dengan petani melalui Kementerian Pertanian.

Petani dapat menjual hasil panen mereka dibantu oleh pemerintah dengan menggunakan platform digital oleh Kedai Sayur. Kedai Sayur menyediakan Paket Donasi untuk masyarakat atau perusahaan yang ingin melakukan donasi dalam bentuk bahan makanan. Donasi disalurkan ke penduduk yang tinggal atau bekerja di zona merah serta ke individu yang kehilangan pendapatan akibat Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement