Senin 04 May 2020 16:02 WIB

Asteroid Seukuran Bus Lewati Bumi

Asteroid 2020 JA berjarak sekitar 238 ribu kilometer dari bumi.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Asteroid. ilustrasi
Foto: en.wikipedia.org
Asteroid. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Badan Antariksa Amerika (NASA) mendapati ada asteroid seukuran bus yang melintasi bumi pada 3 Mei kemarin. Asteroid itu berjarak dekat dari bulan saat melewati bumi.

Dilansir dari Space.com pada Senin, (4/5), asteroid 2020 JA berjarak sekitar 238 ribu kilometer dari bumi. Sedangkan bulan berjarak 385 ribu kilometer.

Baca Juga

Dari segi ukuran, asteroid 2020 JA berukuran 9,6x22 meter dengan diameter 12 meter. Hal itu berdasarkan pengamatan Pusat Penelitian Objek Dekat Bumi NASA.

Pakar astrofisika Gianluca Masi menangkap gambar asteroid 2020 JA lewat teleskop. Rupa gambar asteroidnya seperti titik kecil bercahaya. Ia menjelaskan asteroid seukuran itu memang biasa melintasi bumi beberapa kali dalam sebulan.

"Biasanya asteroid seperti itu tak menimbulkan resiko apa-apa bagi planet kita," kata Masi.

Sebelumnya, asteroid berukuran hampir serupa melewati bumi pada 28 April. Asteroid yang dinamai 2020 HS7 itu berjarak 36,4 ribu kilometer dari bumi.

NASA secara rutin memantau objek-objek luar angkasa yang mendekati bumi. Tujuannya menemukan potensi objek yang membahayakan bumi. Selama ini, para astronom telah menemukan 22,776 objek yang mendekati bumi, 95 persen diantaranya ditemukan NASA.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement