Jumat 24 Apr 2020 15:30 WIB

Buat Prosesor Mac, Apple Kurangi Ketergantungan dengan Intel

Apple akan mengurangi ketergantungan dengan Intel

MacBook Pro 13-inci
Foto: Techradar
MacBook Pro 13-inci

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple Inc. berencana mulai menjual komputer Mac dengan prosesor utamanya sendiri pada tahun depan. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino California ini sedang mengerjakan tiga dari prosesor Mac-nya sendiri, yang dikenal sebagai sistem on a chip, berdasarkan pada prosesor A14 di iPhone berikutnya.

Prosesor ini akan jauh lebih cepat daripada prosesor di iPhone dan iPad. Inisiatif mengembangkan banyak chip, dengan nama kode Kalamata.

Baca Juga

Apple akan melakukan transisi lebih banyak dari jajaran Mac-nya jauh dari pemasok saat ini Intel Corp. Mitra Apple untuk prosesor iPhone dan iPad, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co akan membangun chip Mac baru dan meminta untuk tidak diidentifikasi sedang mendiskusikan rencana produk pribadi.

Komponen akan didasarkan pada teknik produksi lima nanometer. Ukuran tersebut sama seperti yang akan digunakan di iPhone berikutnya dan iPad Pro. Namun, seorang juru bicara Apple menolak berkomentar, seperti yang dilakukan Intel dan TSMC.

Komputer kelas bawah Apple saat ini menggunakan Intel untuk grafik, sementara itu telah bermitra dengan Advanced Micro Devices Inc. untuk kartu grafis untuk profesional.

Proyek Kalamata telah berlangsung selama beberapa tahun. Pada 2018, Apple mengembangkan chip Mac berdasarkan prosesor A12X iPad Pro untuk pengujian internal. Itu memberi para insinyur perusahaan kepercayaan diri bahwa mereka dapat mulai menggantikan Intel di Mac pada 2020.

Apple merancang lebih banyak chip sendiri untuk mendapatkan pengawasan lebih besar atas kinerja perangkatnya dan membedakan dari pesain. Memiliki Mac, iPhone dan iPad yang menjalankan teknologi mendasar yang sama akan membuat Apple lebih mudah menyatukan ekosistem aplikasi dan memperbarui komputernya lebih sering.

Langkah ini juga akan mengurangi ketergantungan pada Intel, yang telah berjuang untuk mempertahankan peningkatan kinerja tahunan yang pernah ditawarkannya. Chip perangkat seluler saat ini dari Apple memiliki beberapa unit pemrosesan atau inti yang menangani berbagai jenis tugas.

iPad Pro terbaru memiliki empat inti untuk peforma-kinerja intensif dan empat inti lainnya untuk menangani tugas berdaya rendah. Ini akan menghemat masa pakai baterai. Prosesor Mac pertama akan memiliki delapan core berkinerja tinggi dengan nama kode Firestorm, dan setidaknya empat core hemat energi, yang dikenal secara internal sebagai Icestorm.

Apple sedang mengeksplorasi proses Mac dengan lebih dari 12 core untuk lebih lanjut di masa depan.  Di beberapa Mac, desain Apple akan menggandakan atau mengalikan jumlah inti yang disediakan Intel. Entry lebel MacBook Air saat ini menggunakan Intel dual core.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement