Senin 20 Apr 2020 11:36 WIB

Google akan Rilis Kartu Pembayaran Fisik

Google card akan hadir dengan chip yang didukung Visa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google
Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Apple mengumumkan kartu Apple (Apple card) Maret lalu. Huawei juga meluncurkan kartu pembayaran fisiknya pekan lalu.

Sekarang TechCrunch, seperti yang dilansir dari GSM Arena, Senin (20/4), melaporkan Google juga bersiap untuk mengumumkan kartu pembayaran fisiknya. Nama pasti kartunya belum diketahui saat ini. Untuk sementara kartu itu bisa disebut kartu Google (Google card).

Baca Juga

Berbeda dengan Apple Card, yang merupakan kartu kredit bermitra dengan Mastercard dan Goldman Sachs, Google card adalah kartu debit yang akan menjadi co-branded dengan mitra bank yang berbeda, termasuk Stanford Federal Credit Union dan Citi.

Selain itu, Google card akan hadir dengan chip yang didukung Visa. Namun Google dapat memperluas dukungan untuk prosesor pembayaran lain seperti Mastercard nanti.

Google card dapat digunakan untuk pembelian di toko-toko eceran dan juga akan mendukung pembayaran tanpa kontak. Pun akan ada versi virtual Google card yang dapat digunakan untuk pembayaran mobile Bluetooth dan pengguna akan mendapatkan nomor kartu virtual, juga untuk pembelian daring.

Pengguna akan dapat memantau semua transaksi mereka dari aplikasi Google, yaitu kemungkinan Google Pay. Mereka memiliki opsi untuk mengunci kartu jika disalahgunakan atau dicuri. Jika seseorang memperoleh akses tidak sah ke akun pengguna, pengguna dapat menguncinya juga.

Sekarang ini belum jelas kapan Google akan mengumumkan kartu debit fisik ini. Perusahaan mengonfirmasi sedang mencari cara bermitra dengan bank dan serikat kredit di Amerika Serikat (AS) untuk menawarkan rekening giro cerdas melalui Google Pay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement