Jumat 17 Apr 2020 08:01 WIB

Pemirsa Esports Naik Sejak Pandemi Corona

Ketika pergi ke stadion tak memungkinkan, penggemar olahraga menyaksikan esports

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ketika pergi ke stadion tak memungkinkan, penggemar olahraga menyaksikan esports. Ilustrasi.
Foto: Ist
Ketika pergi ke stadion tak memungkinkan, penggemar olahraga menyaksikan esports. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Terhentinya kompetisi olahraga karena pandemi virus corona membuat para penggemar beralih dan tingkat pemirsa esports memetik keuntungan dari hal itu. Ini karena stadion kini tak lagi menjadi pilihan rasional untuk didatangi.

Terlebih lagi, para penggemar kini bisa menyaksikan atlet favorit mereka baik itu pesepak bola, pebasket, ataupun pebalap profesional yang kini terjun memainkan berbagai permainan esports untuk menghibur khalayak. "Kami mencatatkan lonjakan besar dalam jumlah penonton atas tayangan esports," kata Wakil Presiden Senior Divisi Gaming Kompetitif Electronic Arts Inc Todd Sitrin dilansir Reuters, Jumat (17/4).

Baca Juga

Ia juga menyebut game Apex Legends mencatatkan lonjakan dua hingga tiga kali pemirsa pada kuartal pertama 2020 demikian dibandingkan masa normal. "Seluruh kompetisi olahraga tradisional ditangguhkan demikian juga siarannya, sehingga kini para penggemar mencari cara untuk memenuhi dahaga olahraga mereka," katanya.

Turnamen esports biasanya disiarkan lewat layanan streaming seperti Twitch, YouTube Gaming, Facebook Gaming, dan Mixer. Kini esports juga mulai disiarkan oleh kanal televisi konvensional seperti ESPN dan Fox Sports.

Di sektor layanan streaming daring tercatat lonjakan pemirsa hingga 43 persen atau mencapai durasi pemutaran hingga 495 juta jam sepekan sejak 29 Maret. Demikian menurut firma analis Stream Hatchet. menurut laporan Nielsen Sports, balapan Texas Motor Speedway di seri eNASCAR iRacing menjadi tayangan esports paling ditonton hingga 30 Maret.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement