Ahad 12 Apr 2020 11:43 WIB

Coba Cek Apa yang Dilihat Teleskop NASA Saat Ulang Tahunmu

NASA mengumpilkan gambar-gambar kosmos yang sesuai dengan tanggal lahir kita.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop Hubble menangkap gambar Nebula Carina.
Foto: CNN
Teleskop Hubble menangkap gambar Nebula Carina.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA —Bulan ini, Hubble Space Telescope (HST) telah tepat beroperasi selama 30 tahun.Badan Antariksa AS (NASA) pun bulan ini menggelar program khusus untuk merayakan ulang tahun dari teleskop luar angkasa itu.

Dilansir dari CNN pada Ahad (12/4), terdapat sejumlah keunikan dalam perayaan tersebut. Mengingat saat ini tengah terjadi pandemi corona, maka perayaan itu pun dapat dinikmati tanpa keluar rumah lewat tayangan online.

Baca Juga

Tak hanya itu, NASA pun mengemas perayaan ini dengan unik. NASA menyajikan tempat untuk melihat kosmos sesuai dengan tanggal lahir kita masing-masing disini.

Artinya, dengan menyebutkan bulan kelahiran kita, maka generator akan menyajikan kosmos yang sesuai dengan bulan tersebut. Tentu sajian kosmos ini akan jadi tontonan yang menarik di tengah pandemi.

HST adalah teleskop optik besar pertama yang ditempatkan di ruang angkasa dan telah berperan dalam menunjukkan sejumlah foto-foto menakjubkan tentang alam semesta sejak April 1990.

Soal pemandangan di luar angkasa, NASA juga menyebut bahwa para pecinta skywatching juga dapat menikmatinya secara langsung dari halaman belakang rumah.

NASA menyebut, bagi para pemilik teleskop NASA, masyarakat dapat menikmati pemandangan yang juga ditangkap oleh HST. Pemandangan itu dapat ditangkap pada malam cerah dengan mengarahkan teleskop pada langit yang gelap dan jauh dari sumber cahaya.

Kemudian, perhatikan nebula dan galaksi di sekitar daerah itu. Selain dengan teleskop NASA, pemandangan ini pun dapat dinikmati menggunakan teropong biasa atau binokuler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement