Rabu 12 Feb 2020 05:43 WIB

Lima Aplikasi Ini Bisa Bantu Kita Lebih Produktif

Ada sejumlah aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda tetap produktif.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ada sejumlah aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda tetap produktif (Foto: ilustrasi aplikasi)
Foto: Piqsels
Ada sejumlah aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda tetap produktif (Foto: ilustrasi aplikasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi tak ubahnya dua sisi mata pisau. Satu sisi bisa mempermudah segala macam pekerjaan, namun di sisi lain teknologi bisa membuat hidup tidak produktif karena terlalu sering stalking atau hal lain yang tak bermanfaat.

Untungnya sebagian besar ponsel pintar dan komputer yang ada memiliki pengaturan bawaan atau aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda tetap produktif. Berikut lima aplikasi atau pengaturan tersebut seperti dilansir Fast Company, Rabu (12/2).

Baca Juga

Gunakan Time Tracking App

Ada sejumlah aplikasi pelacakan waktu (time tracking app) yang bisa memberi tahu berapa jam Anda menghabiskan waktu untuk menjelajah web dan menggunakan berbagai aplikasi. Aplikasi ini berjalan di latar belakang dan secara otomatis mencatat waktu penggunaan.

Salah satu aplikasi yang direkomendasikan yakni  ManicTime, yang tidak hanya melacak berapa banyak waktu yang Anda habiskan di setiap aplikasi, tetapi di setiap dokumen yang dibuka. Ini berarti Anda dapat melihat apakah waktu membuka dokumen lebih lama atau tidak, dibanding waktu menjelajah web.

Gunakan Parental Control

Jika Anda merasa menghabiskan banyak waktu di media sosial, untuk membatasinya Anda dapat memblokirnya. Meskipun sistem operasi utama (macOS, Windows, dan iOS) tidak menawarkan fungsi pemblokiran aplikasi atau situs web semata, semuanya melakukan kontrol parental yang dapat diaktifkan.

Jika Anda menggunakan iOS, buka Pengaturan> Umum> Pembatasan untuk mengaktifkan kontrol orang tua dan mengatur situs web yang diblokir. Pengguna macOs, bisa mencari System Preferences> Parental Controls. Sementara pengguna Android dapat mengunduh aplikasi TrendMicro Mobile Security & Antivirus, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memblokir akses ke situs web tertentu.

Aktifkan mode "jangan ganggu"

Solusi ini bisa menjadi efektif bagi Anda yang sering terganggu oleh kiriman pesan teks, atau notifikasi dari aplikasi media sosial. Sebagai solusi, Anda perlu mengaktifkan mode jangan ganggu.

Memiliki Asisten digital

Terkadang asisten digital bisa membantu kita menjadi lebih produktif. Iphone memiliki Siri, asisten pribadi yang membantu menyelesaikan segala sesuatu dengan cukup meminta.

Sebagai contoh, kita bisa meminta bantuan Siri seperti berikut; "Hei Siri, dalam tiga jam tolong cek  apakah saya telah menyelesaikan artikel." Ini secara otomatis membuat pengingat.

 

Gunakan aplikasi Time Out

Ini merupakan pengaturan waktu aplikasi habis. Bagi mereka yang menggunakan Mac, Time Out — Break Reminders adalah aplikasi luar biasa yang memungkinkan Anda menjadwalkan waktu istirahat 5 hingga 10 menit setiap jam. Pengguna PC dan Linux bisa mendapatkan kemampuan yang sama dari Workrave freeware yang luar biasa.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement