Kamis 06 Feb 2020 20:34 WIB

Bayar Seikhlasnya Makan Sepuasnya di Warung Suprarasional

Warga kurang mampu dan pemegang kartu binaan Bang Read1 bisa makan gratis.

Warga menikmati hidangan di Warung Makan Suprarasional dengan membayar seikhlasnya.
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Warga menikmati hidangan di Warung Makan Suprarasional dengan membayar seikhlasnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Di zaman yang serba berbayar dan mahal, ternyata masih ada orang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kebutuhan pangan bagi masyarakat kurang mampu. Salah satunya Ridwan Hasan Saputra (RHS) yang menggagas Warung Makan Suprarasional, di sini para pelanggan bisa makan sepuasnya dengan bayaran seikhlasnya bahkan gratis.

Warung yang berlokasi di Jalan Raya Laladon, Ruko 6, No. 6, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, memiliki keunikan tersendiri, yaitu tidak ada kasir, hanya ada pelayan dan kotak yang bernama keropak untuk membayar makanan sesuai kemampuan. Kabar menariknya, bagi warga kurang mampu di wilayah Desa Laladon dan pemegang kartu binaan Bang Read1 dapat membawa pulang makanan ke rumah masing-masing secara gratis. Warung Makan Suprarasional pun terbuka bagi kalangan menengah ke atas dengan membayar makanan seikhlasnya sesuai kemampuan.

Baca Juga

Pendiri Warung Makan Suprarasional, Ridwan Hasan Saputra (RHS) mengatakan, tujuan dibukanya warung tersebut agar tidak ada warga di sekitar Desa Laladon yang tidur dalam keadaan lapar. RHS pun mengungkapkan keunikan dari warung makan suprarasional.

“Bahan makanannya adalah sumbangan dari Bang Read1. Selain itu, yang memasak dan pelayan warung hingga yang mengantar makanan tidak dibayar,” ungkapnya seperti dalam siaran pers.

RHS juga menambahkan pihaknya mempersilakan kepada masyarakat mampu jika ingin menyumbangkan makanan agar dapat dinikmati masyarakat. “Hasil pendapatan dari biaya seikhlasnya ini akan disumbangkan untuk kesejahteraan guru ngaji, guru PAUD, dan guru honorer yang dibina oleh Bang Read1,” kata RHS.

Warung Makan Suprarasional merupakan bukti nyata sebuah gerakan sederhana kerja sama antara Bang Read1, Klinik Pendidikan MIPA, dan didukung Pemerintah Desa Laladon agar terciptanya semangat gotong royong dan keadilan sosial di sebuah Desa.

“Jika setiap Pemerintah Desa dan Pengurus Masjid di daerah dapat menerapkan konsep ini, InsyaAllah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud. Semoga Pemerintah Desa dan Pengurus Masjid di daerah lain tergerak juga untuk membuka Warung Makan Suprarasional,” ujar RHS.  

Sementara itu, Kepala Desa Laladon, Rusmin memberikan apresiasi dan mendukung penuh hadirnya Warung Makan Suprarasional. Rusmin mengajak kepada masyarakat Desa Laladon yang memiliki kelebihan rezeki agar termotivasi untuk membuka Warung Makan Suprarasional, sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat tidak mampu.

Rusmin juga berpesan agar kehadiran warung ini dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat yang membutuhkan dengan cara berkunjung dan menikmati hidangan yang disediakan. “Pada kesempatan yang baik ini saya selaku Kepala Desa Laladon mempersilakan kepada warga Desa Laladon untuk berkunjung dan mencicipi hidangan di Warung Makan Suprarasional. Warung ini sangat unik dan perdana di Desa Laladon,” ujarnya saat peresmian perdana Warung Makan Suprarasional, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan yang sama, Pengemudi Ojek, Sopian menyambut baik kehadiran Warung Makan Suprarasional. “Sangat membantu sekali dan sepertinya hanya ada di Laladon. Saya berharap semoga Warung Makan Suprarasional bisa tersebar di desa yang lain,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement