Rabu 29 Jan 2020 10:50 WIB

Salinan Surat Christopher Columbus Ditemukan

Salinan surat Columbus yang ditemukan akan dikembalikan ke perpustakaan di Italia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih
Surat Christopher Columbus.
Foto: cnn
Surat Christopher Columbus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk keempat kalinya dalam empat tahun, otoritas federal mengumumkan bahwa mereka telah menemukan salinan surat yang dicuri dan ditulis Christopher Columbus. Surat menggambarkan perjalanan Columbus ke Amerika.

Dikutip laman CNN, Rabu (29/01), surat dimiliki seorang kolektor yang tanpa curiga membeli surat dari penjual buku langka di Amerika Serikat pada tahun 2003 .

Baca Juga

Ternyata, itu adalah surat yang hilang dari Biblioteca Nazionale Marciana, perpustakaan umum di Venesia, Italia, sejak pertengahan 1980-an.

Surat ditemukan penyelidik Kantor Pengacara Delaware dan Imigrasi - Bea Cukai AS, pemeriksa warisan budaya yang dijarah dan karya seni curian. Salinan surat itu sangat langka dan sangat dihargai oleh kolektor dan kurator artefak bersejarah. Surat pun akan dikembalikan ke perpustakaan Biblioteca Nazionale Marciana.

Surat ini dikenal sebagai edisi Plannck I. Surat tersebut diberi nama demikian setelah Stephan Plannck, sebuah printer di Roma yang menerbitkan dua edisi surat itu lebih dari 500 tahun yang lalu.

Penyelidikan sedang berlangsung dan pihak berwenang belum merilis rincian lebih lanjut tentang bagaimana surat itu dicuri atau menjadi milik seorang penjual buku langka di Amerika Serikat.

Pada tahun 2018, otoritas AS mengembalikan satu salinan surat Columbus yang dicuri ke perpustakaan di Kota Vatikan dan satu lagi ke Perpustakaan Catalonia di Spanyol. Sebelumnya pada tahun 2016, Amerika Serikat juga mengembalikan salinan delapan halaman yang telah dicuri dari perpustakaan di Florence, Italia, dan disumbangkan ke Perpustakaan Kongres AS.

Perpustakaan Biblioteca Nazionale Marciana di Italia ini juga memperoleh salinan edisi pertama Plannck, yang diterjemahkan surat ke dalam bahasa Latin dari Spanyol, sekitar tahun 1875, menurut rilis berita dari Kantor Pengacara AS. Pihak berwenang mengatakan surat itu dicuri dari perpustakaan antara 1985 dan 1988 dan hilang selama beberapa dekade.

Sekitar 30 salinan edisi pertama ini telah bertahan, menurut Paul Needham, seorang ahli buku langka dan kurator di Perpustakaan Scheide Universitas Princeton.

Pada 2019, simpatisan menghubungi orang yang membeli salinan curian itu. Orang, yang belum diidentifikasi secara publik, setuju untuk membiarkan Needham memeriksa surat itu.

Needham mengatakan kepada CNN bahwa dia sangat akrab dengan salinan surat yang dicuri dari Biblioteca Nazionale Marciana dan menjahit di lipatan antara daun 2 dan 3 yang digunakan untuk mengikatnya bersama-sama. Lipatan itu sangat khas.

"Tanda-tanda lubang jahit yang asli sangat cocok dengan salinan Marciana," katanya.

Setelah ditentukan, surat itu memang surat yang telah dicuri dari Biblioteca Nazionale Marciana. Pembeli setuju untuk menyerahkannya kepada pihak berwenang.

"Saya sangat senang bahwa harta nasional Italia akan kembali ke perpustakaan besar di Italia," kata Needham.

Kantor pengacara AS mengatakan dalam pengumumannya bahwa salinan yang baru saja dipulihkan bernilai lebih dari 1,3 juta dolar AS. Artefak yang signifikan secara budaya diberi nilai moneter di pasar dunia tempat itu diperdagangkan.

William Walker,  agen khusus yang bertanggung jawab atas Investigasi Keamanan Dalam Negeri ICE di Philadelphia menyatakan nilai budaya dan simbolis dari benda-benda yang ditemukan jauh melampaui nilai dolar yang diberikan kepada negara-negara terkait.

"Kami senang bahwa tindakan pengadilan hari ini adalah langkah positif untuk mengembalikan surat Christopher Columbus lima abad kepada orang-orang dari Italia," kata pernyataan itu.

Sebuah pengajuan pengadilan di Distrik Delaware memerintahkan agar surat itu dikembalikan ke Biblioteca Nazionale Marciana. Isi surat yaitu terkait surat Columbus kepada Raja Spanyol Ferdinand dan Ratu Isabella pada tahun 1493 setelah kembali dari apa yang oleh orang Eropa disebut Dunia Baru.

Surat itu kemudian diterbitkan di kota-kota dan negara-negara di seluruh Eropa, sehingga membantu menyebarkan berita perjalanannya ke seluruh benua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement