Senin 13 Jan 2020 16:06 WIB

Serangan Siber Belakangan Dijalankan oleh Bot, Bukan Manusia

Pertahanan dari mesin pun diperlukan untuk menangkal serangan siber oleh bot.

Serangan siber (ilustrasi). Belakangan serangan siber dijalankan oleh bot, bukan lagi manusia.
Foto: Digitaltrends.com
Serangan siber (ilustrasi). Belakangan serangan siber dijalankan oleh bot, bukan lagi manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan siber dari masa ke masa semakin rumit. Saat ini, serangan bukan lagi dilakukan oleh manusia atau peretas melainkan mesin, menurut praktisi keamanan siber.

"Serangan siber bukan lagi oleh manusia, tapi, bot, pakai kecerdasan buatan," kata CEO NTT Ltd Indonesia, Hendra Lesmana, saat acara paparan di Jakarta, Senin.

Baca Juga

Serangan siber yang terjadi belakangan ini banyak dilakukan oleh bot yang dilengkapi dengan artificial intelligence (AI). Bot sudah dilatih machine learning agar bisa memetakan serangan mana yang lebih efektif.

Untuk itu, NTT menilai pertahanan siber saat ini tidak cukup hanya mengandalkan manusia. Pertahanan dari mesin diperlukan untuk mengatasi serangan siber yang dilancarkan oleh mesin.

"Ini era mesin, tidak bisa pertahanan siber hanya oleh manusia," kata Hendra.

Pertahanan keamanan siber menggunakan kecerdasan buatan juga berfungsi untuk mendeteksi asal serangan. Apalagi, saat ini banyak serangan yang disamarkan seolah-olah berasal dari negara tertentu.

"Analisis seperti itu akan sulit kalau tidak pakai AI," kata Hendra.

Agar dapat mengatasi serangan siber, terutama dari mesin, Hendra berpendapat, desain pertahanan siber harus sudah kuat sejak awal. Pertahanan siber harus memungkinkan untuk diberi fitur keamanan tambahan di kemudian hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement