Jumat 27 Dec 2019 11:46 WIB

Cara Astronaut Merayakan Libur dan Natal di Luar Angkasa

ara astronaut melayang-layang sambil menunjukkan serba serbi Natal.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Empat astonaut berbagi kenangan tentang liburan akhir tahun di stasiun ruang angkasa.
Foto: space.com
Empat astonaut berbagi kenangan tentang liburan akhir tahun di stasiun ruang angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Semangat liburan menggebu ternyata juga menggema di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) saat para astronaut merayakan Natal di luar angkasa. Mereka mengirimkan video kepada manusia di bumi.

Dalam video terbaru dari stasiun luar angkasa, empat astonaut berbagi kenangan tentang liburan akhir tahun di stasiun ruang angkasa. Mereka adalah Luca Parmitano dan astronot NASA Christina Koch, Andrew Morgan dan Jessica Meir.

Baca Juga

Parmitano mengirimkan pesan liburan khusus kepada mereka yang ditempatkan di luar negeri dan tidak dapat menghabiskan waktu bersama keluarga mereka, seperti halnya para astronaut di stasiun ruang angkasa. "Selamat berlibur!" kata Koch dalam video seperti dikutip laman Space.com.

"Anda tahu hal favorit saya tentang musim liburan adalah saat dunia melambat dan kita semua mendapat kesempatan untuk memikirkan dan menghargai serta merenungkan apa yang benar-benar penting, yaitu orang-orang yang kita cintai dan luangkan waktu bersama," kata dia lagi.

Sementara para astronaut menghabiskan liburan terpisah dari keluarga mereka, mereka memiliki banyak persediaan meriah di pesawat ruang angkasa. Dalam video keempat astronaut, mereka melayang-layang sambil menunjukkan serba serbi natal termasuk kaus kaki Natal, topi Santa, salmon asap, kue buah, sari apel panas, dan cokelat panas. Mereka memakannya sambil melayang-layang di stasiun ruang angkasa.

"Ketika saya berpikir tak bisa bertemu keluarga saya di bumi, saya tahu bahwa mereka mengunjungi keluarga dan menghabiskan waktu bersama keluarga," kata Morgan dalam video.

Salah satu tradisi Malam Natal Morgan adalah mematikan semua lampu di rumah dan hanya menikmati cahaya lilin. Untuk mencerminkan tradisi ini di stasiun ruang angkasa, para astronaut berencana untuk mematikan semua lampu dan menonton film-film Natal.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement