Jumat 27 Dec 2019 09:13 WIB

500 Benda Purbakala Tersimpan di 57 Makam Kuno di Cina

Makam kuno berasal dari Dinasti Han dan Jin.

Rep: Arif Satrio/ Red: Dwi Murdaningsih
makam kuno (ilustrasi)
Foto: antara
makam kuno (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GUANGZHOU -- Sebanyak 57 makam kuno ditemukan si Provinsi Guangdong, Cina Selatan. Dari makam-makam tersebut, hampir 500 benda purbakala ditemukan oleh lembaga warisan budaya dan arkeologi setempat.

Melansir dari Xinhuanet.com, makam itu, berasal dari periode antara Dinasti Han (206 SM - 220 M) dan Dinasti Qing (1644 M - 1911 M). Makam itu digali di lokasi konstruksi di ibu kota provinsi, Guangzhou.

"Ada 11 makam dari Dinasti Han, dan 13 makam dari Dinasti Jin dan Selatan (266 M - 589 M), keduanya dalam jumlah dan skala yang relatif besar", kata wakil kepala Institut Warisan Budaya dan Arkeologi Kota Guangzhou Yi Xibin, seperti diikutip Xinhua, Jumat (27/12).

Menurut Yi, Barang-barang yang digali termasuk benda-benda tembikar, barang dari perunggu, barang besi dan manik-manik. Mereka mengandung materi yang kaya sebagai bahan untuk mempelajari perubahan historis dan geografis di Guangzhou.

Yi mencatat bahwa sepotong manik-manik yang terbuat dari kristal, batu akik, dan ambar mungkin berasal dari negara asing selama Dinasti Han, dan menawarkan bukti baru untuk pertukaran Timur-Barat di sepanjang Jalan Sutra kuno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement