Rabu 11 Dec 2019 10:35 WIB

Job2Go, Aplikasi Baru Lowongan Kerja yang tak Ribet

Aplikasi ini menyediakan lowongan di lokasi tak jauh dari rumah si pencari kerja.

CEO dan Founder Job2Go Kurniawan Santoso bersama timnya.
Foto: ist.
CEO dan Founder Job2Go Kurniawan Santoso bersama timnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permasalahan pencarian pekerjaan hingga kini tetap menjadi sesuatu yang sangat penting, terutama bagi orang-orang yang minim kemampuan kerjanya (low skill). Para calon pekerja yang memiliki kemampuan minim kerapkali mengalami kesulitan mencari kerja.

Ini membuat angka pengangguran makin tinggi dan banyak di antara mereka kini mendominasi sektor informal. Menurut data BPS tahun 2019 pengangguran sektor ini mendominasi dengan angka 57,27 persen.

Terpanggil untuk membantu mengatasi hal tersebut, PT Sinergi Performa Cipta meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama Job2Go. Job2Go merupakan startup besutan anak Indonesia, yang para personelnya telah melanglang buana di beberapa perusahaan global.

Mereka adalah Kurniawan Santoso (CEO & Founder), Saat Prihartono (COO &Co-Founder), dan Andry Huzain (Chief Product Officer & Co-Founder). Kurniawan Santoso pernah bergabung dengan beberapa perusahaan Silicon Valley seperti Google, Oracle Marketing Cloud, dan Facebook. Sedangkan Prihartono adalah veteran di dunia sales, dengan pengalaman senior position di perusahaan fintech dan FMCG di Indonesia. Kemudian, Andry Huzain sebelumnya adalah co-founder sebuah startup fintech dan menduduki berbagai posisi senior di perusahaan digital lainnya.

Job2Go menarget siapa saja yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan, dengan menonjolkan pada pekerjaan sederhana dan tanpa keahlian khusus. Job2Go menyediakan informasi lowongan pekerjaan sesuai permintaan (on-demand) dan info kerja lainnya yang tersedia di lokasi dekat dengan para pencari kerja.

Job2Go menyediakan berbagai pilihan jenis pekerjaan, mulai dari tenaga penjualan, tenaga merchandising, sales promotion girl, staf marketing, staf administrasi, staf magang (intern), dan akan berkembang ke berbagai profesi lainnya.

Bagi perusahaan yang ingin mencari pekerja juga dimudahkan dengan pilihan yang beragam, termasuk tempo atau waktu pekerjaan, seperti full time, part

time, internship, hingga sukarelawan.

 

"Penyediaan berbagai fasilitas yang lengkap di aplikasi Job2Go tentu saja bertujuan membantu kedua belah pihak, baik para pencari kerja maupun perusahaan yang mencari pekerja sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan," ujar CEO dan Founder Job2Go Kurniawan Santoso dalam rilis yang terima Republika.co.id, Rabu (11/12).

Bagi para pencari kerja, kata Kurniawan, Job2Go juga menyediakan kemudahan berupa notifikasi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang berada di lokasi tidak jauh dari tempat tinggal si pencari kerja. Fitur unggulan lainnya adalah proses pembayaran pekerjaan yang terintegrasi di dalam saldo aplikasi Job2Go.

Menurut Kurniawan, Job2Go menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk memfasilitasi kecocokan penawaran-permintaan pekerjaan yang lebih baik untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan pekerja. "Kami mengolah informasi dasar dari pekerja seperti pendidikan dan keterampilan dipadukan dengan catatan performa pekerjaan sebelumnya dan input data lainnya,” jelas dia.

Job2Go, lanjut Kurniawan, ingin menjadikan para calon pekerja segera mendapatkan pekerjaan dengan proses yang mudah dan tanpa memiliki keahlian yang khusus.

“Aplikasi ini sangat cocok untuk siapa saja, baik yang sedang mencari pekerjaan tetap maupun pekerjaan paruh waktu. Pekerja pemula juga adalah fokus utama kami saat ini,” katanya.

Job2Go dibuat oleh tenaga berpengalaman yang memahami seluk beluk dunia digital dan memahami operasional eksekusi ketenagakerjaan. Rancangan aplikasi Job2Go dibuat sebaik mungkin sehingga setiap orang bisa dengan mudah menggunakannya (user friendly). "Dengan teknologi yang canggih, aplikasi akan terus ditambahkan dengan fitur- fitur menarik yang tentu akan memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya," jelas Kurniawan.

Job2Go juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan sebagai mitra usaha, di antaranya perusahaan yang bergerak di bisnis e-commerce, financial institution, bank, FMCG, ride-hailing service, asuransi, dan lainnya. Saat ini baik calon pekerja maupun perusahaan dapat mengakses layanan Job2Go melalui website www.job2go.net atau mengunduh aplikasi di Google Play dan Apple App Store.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement