Kamis 28 Nov 2019 15:36 WIB

Arkeolog Temukan Sarkofagus Berusia 3.500 Tahun di Mesir

Sarkofagus itu telah dipastikan dibuat pada Dinasti Thutmosid.

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih
Sarkofagus (ilustrasi)
Foto: antara
Sarkofagus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  KAIRO -- Kementerian Purbakala Mesir mengatakan, tiga sarkofagus berusia 3.500 tahun telah ditemukan di areal pemakaman El-Assasif, Mesir, Rabu (27/11). Peti mayat dari batu itu ditemukan oleh arkeolog dari Prancis.

Dilansir dari sputniknews.com, Kamis (28/11), peti mati kuno itu panjangan 180-195 sentimeter. Di atasnya dihiasi dengan lukisan kuno warna-warni. Dua diantaranya adalah peti mati wanita, sedangkan satunya masih dalam proses analisis.

Baca Juga

Dengan usianya 3.500 tahun, sarkofagus itu telah dipastikan dibuat pada zaman Dinasti Thutmosid, dinasti Mesir Kuno yang menguasi negeri itu pada tahun 1550-1292 sebelum masehi.

Pemakaman El-Assasif terletak di dekat Kota Luxor atau dikenal dengan nama Thebes pada zaman Mesir Kuno. Kota itu pernah menjadi ibu kota salah satu kerajaan Mesir Kuno.

Sarkofagus kuno itu adalah temuan kedua dalam bulan ini. Sebelumnya, pada awal bulan November juga ditemukan sebuah tempat di mana banyak mumi binatang dan patung-patung. Menurut Menteri Purbakal al-Anany, di sana terdapat 75 artefak yang berasal dari Dinasti XXVI Firaun Mesir. Memerintah sejak 664 hingga 525 sebelum masehi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement