Selasa 26 Nov 2019 12:12 WIB

Peneliti Berhasil Ukur Detak Jantung Paus Biru

Untuk pertama kalinya ilmuwan berhasil mengukur detak jantung Paus Biru.

Rep: Idealisa Masyafarina/ Red: Yudha Manggala P Putra
Para peneliti menggunakan teknologi solar terbaru untuk menemukan sekelompok besar paus biru di Antartika
Foto: University of Tasmania
Para peneliti menggunakan teknologi solar terbaru untuk menemukan sekelompok besar paus biru di Antartika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menggunakan mesin elektrokardiogram oranye terang yang melekat dengan cangkir hisap ke tubuh paus biru, para ilmuwan untuk pertama kalinya telah mengukur detak jantung makhluk terbesar di dunia tersebut.

Paus biru, yang bisa mencapai panjang 30 meter dan berat 200 ton, menurunkan detak jantungnya menjadi sesedikit dua detak per menit saat ia menerjang di bawah permukaan laut untuk mencari makanan, kata para peneliti, Senin (25/11).

Denyut jantung maksimum yang mereka catat adalah 37 denyut per menit setelah mamalia laut ini kembali ke permukaan dari penyelaman mencari makan.

"Paus biru adalah hewan terbesar sepanjang masa dan telah lama menarik perhatian ahli biologi," kata ahli biologi kelautan Universitas Stanford Jeremy Goldbogen.

"Secara khusus, langkah-langkah baru tingkat vital dan tingkat fisiologis membantu kita memahami bagaimana hewan bekerja di ujung atas massa tubuh. Seperti apa hidup ini dan bagaimana kecepatan hidup dalam skala besar?"tambah Goldbogen.

Secara umum, semakin besar hewan, semakin rendah detak jantung, meminimalkan jumlah kerja jantung saat mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.

Denyut jantung istirahat manusia normal berkisar dari sekitar 60 hingga 100 denyut per menit dan mencapai sekitar 200 selama latihan atletik. Mamalia terkecil, shrews, memiliki detak jantung lebih dari seribu detak per menit.

Para peneliti menciptakan perangkat tag, yang terbungkus dalam shell plastik oranye, yang berisi mesin elektrokardiogram untuk memantau irama jantung paus yang berenang di lautan terbuka. Perangkat ini memiliki empat cangkir isap untuk memungkinkan mereka menempelkannya pada paus secara non-invasif.

Para peneliti memperoleh sembilan jam data dari paus jantan dewasa sekitar 22 meter yang lama ditemui di Monterey Bay di lepas pantai California.

"Pertama-tama kita harus menemukan paus biru, yang bisa sangat sulit karena hewan-hewan ini berkisar di petak luas samudera terbuka. Dengan menggabungkan pengalaman lapangan selama bertahun-tahun dan sedikit keberuntungan, kami memposisikan perahu karet kecil di sisi kiri paus," kata Goldbogen.

"Kami kemudian harus menggunakan tag menggunakan tiang serat karbon sepanjang enam meter. Saat paus muncul untuk bernafas, kami menandai paus di lokasi yang kami pikir paling dekat dengan jantung: tepat di belakang sirip kiri paus," tambah Goldbogen.

Paus Baleen seperti paus biru, meskipun ukurannya sangat besar, memakan mangsa kecil. Sebagai pengumpan filter, mereka mengambil sejumlah besar air ke mulut mereka dan menyaring mangsa termasuk krill seperti udang dan zooplankton lainnya menggunakan pelat balin yang terbuat dari keratin, bahan yang sama yang ditemukan di kuku.

Selama menyelam, paus menunjukkan detak jantung yang sangat rendah, biasanya empat hingga delapan detak per menit dan serendah dua.  Setelah muncul permukaan untuk bernafas setelah penyelaman mencari makan, paus memiliki detak jantung 25 hingga 37 detak per menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement