Ahad 24 Nov 2019 23:30 WIB

Rindu Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid Kunjungi Disrupto 2019

Disrupto 2019 menghadirkan sosok alm. Gus Dur melalui teknologi Augmented Reality.

Yenny Wahid bertemu dengan sosok almarhum Gus Dur di atas panggung DISRUPTO 2019 melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality, Jumat (22/11).
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Yenny Wahid bertemu dengan sosok almarhum Gus Dur di atas panggung DISRUPTO 2019 melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality, Jumat (22/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid mengunjungi pameran teknologi Disrupto 2019, di Plaza Indonesia, Jakarta, yang digelar sejak Jumat (22/11) hingga Ahad (24/11). Kedatangan Sinta untuk menghadiri peluncuran platform digital 'Toko Awadah' merupakan salah satu unit di bawah Awadah Group, sebuah ekosistem digital untuk komunitas masyarakat Indonesia yang diinisiasi oleh putrinya, Yenny Wahid. 

Kedatangan Sinta tidak direncanakan. Dia menyatakan, sengaja datang untuk melihat sosok Gus Dur yang dengan canggih ditampilkan dalam sosok virtual. "Dengar dari anak-anak saya, berita Gus Dur katanya ada di sini, saya kangen Gus Dur," ujar Sinta di lokasi.

Dalam pembukaan event ini, Gus Dur memang dihadirkan secara virtual dan berbicara melalui teknologi Augmented Reality. "Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan keragaman yang sangat besar dalam beragama, dalam berasal-usul etnik, dan sebagainya. Atas dasar itulah saya mengucapkan selamat kepada Anda dalam forum ini", ujar Gus Dur dengan teknologi 'Augmented Reality' itu.

Gambar-gambar Gus Dur tampak dihadirkan pada beberapa layar selebar dinding. Selanjutnya pidato pembukaan Disrupto 2019 dilanjutkan Yenny Wahid. Kemunculan virtual ayah (Gusdur) dan putrinya (Yenny) Ini menyerupai momen ketika mendiang Nat King Cole hadir menyanyikan lagu 'Unforgettable' bersama putrinya Natalie beberapa tahun silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement