Rabu 23 Oct 2019 04:04 WIB

Browsing Nama Selebritas Berisiko Diretas

Pengguna bisa berisiko masuk ke laman web berbahaya hingga terjangkit malware.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nora Azizah
Berselancar di Internet (Ilustrasi)
Foto: kval.com
Berselancar di Internet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Sebuah penelitian yang dilakukan McAfee menunjukkan bahwa mencari informasi tentang selebiriti secara online bisa berisiko membuat komputer diretas. McAfee telah membuat daftar selebritas yang apabila dicari di internet, berpotensi menyebabkan pencari masuk ke situs web berbahaya dan virus.

Dilansir di Tech Radar, Rabu (23/10), aktris Alexis Bledel berada di puncak daftar artis yang berbahaya ketika dicari di internet. Selain itu, pembawa acara Late Late Show, James Corden, dan Bintang Game of Thrones, Sophie Turner menempati urutan setelahnya.

Baca Juga

Selebritas terkenal lainnya yang masuk ke dalam daftar antara lain adalah Anna Kendrick, Lupita Nyong'o, Jimmy Fallon, Jackie Chan, Lil Wayne, Nicki Minaj dan Tessa Thompson.

Kepala Keamanan konsumen McAfee, Gary Davis menjelaskan, konsumen perlu mendidik diri mereka sendiri ketika mencari konten secara daring. Ia mengungkapkan, masih banyak pengguna situs pencarian tidak sepenuhnya sadar bahwa pencarian yang mereka lakukan menimbulkan risiko.

"Penjahat menggunakan situs web yang menipu untuk menipu konsumen yang tidak menaruh curiga, mereka mengakses file atau konten berbahaya. Sangat penting bahwa konsumen belajar untuk melindungi kehidupan digital mereka dari penjahat siber," kata Davis.

Cara untuk menghindari menjadi korban malware dan ancaman dunia maya, McAfee merekomendasikan agar pengguna lebih berhati-hati akan apa yang mereka klik. Pengguna juga harus menahan diri menggunakan situs menonton film atau mendengar lagi ilegal dan melindungi perangkat mereka secara daring dengan antivirus dan anti-malware.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement