Rabu 23 Oct 2019 03:38 WIB

NASA Sebut Manusia Bisa Mendarat di Mars Pada 2035

Sebelumnya, astronot NASA disebut bisa mendarat di Mars pada 2033.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nora Azizah
Ekor planet MARS. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Ekor planet MARS. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengklaim bahwa pihaknya akan dapat mendaratkan manusia di Mars. Ia mengatakan, hal itu bisa dilakukan paling tidak pertengahan tahun 2030-an.

"Saya pikir, kita bisa melakukannya pada tahun 2035," kata Bridenstine, dilansir di Space.com, Rabu (23/10).

Sebelumnya, pada April tahun ini, Bridenstine mengatakan di hadapan para pembuat Undang-undang bahwa astronot NASA bisa mendarat di planet merah pada 2033. Namun kali ini ia memundurkan targetnya menjadi 2035.

Ia mengatakan, apabila pihaknya mempercepat pendaratan di bulan, maka pendaratan di Mars juga bisa dipercepat. "Kita perlu belajar bagaimana hidup dan bekerja d  dunia lain. Bulan adalah tempat terbaik untuk membuktikan kemampuan dan teknologi itu. Semakin cepat kita mencapai tujuan itu, semakin cepat kita pindah ke Mars," kata dia lagi.

Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence mengatakan, program Artemis NASA ke bulan terebut adalah batu loncatan untuk misi akhirnya ke Mars. Pence menambahkan, pihaknya ingin bermitra dengan negara lain yang memiliki pikiran yang sama.

"Dengan Apollo dalam buku-buku sejarah, misi Artemis telah dimulai, dan kami sedang dalam perjalanan untuk menjadikan misi Bulan ke Mars NASA menjadi kenyataan," kata Pence.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement