Jumat 11 Oct 2019 22:00 WIB

Cegah Penipuan, CredoLab Integrasikan Teknologi Iovation

CredoLab mengintegrasikan teknologi iovation.

Tim CredoLab yang dipimpin oleh CEO dan co-founder Peter Barcak (tengah) bertujuan untuk mengurangi penipuan pinjaman dan aplikasi kartu kredit.
Foto: Dok CredoLab
Tim CredoLab yang dipimpin oleh CEO dan co-founder Peter Barcak (tengah) bertujuan untuk mengurangi penipuan pinjaman dan aplikasi kartu kredit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CredoLab, pengembang digital score card berstandar bank yang berbasis metadata anonim perangkat smartphone, bekerja sama dengan iovation. Yaitu, sebuah anak perusahaan TransUnion, yang berspesialisasi dalam deteksi penipuan dan solusi otentikasi berbasis perangkat smartphone. 

CredoLab, yang berbasis di Singapura, mengintegrasikan teknologi iovation ke dalam teknologi mereka sendiri. Tujuannya untuk mengurangi penipuan pengajuan kartu kredit maupun pinjaman sambil mengoptimalisasikan tahap perkenalan dan penerimaan pelanggan digital untuk pemberi pinjaman bank dan non-bank di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

CredoLab memanfaatkan program FraudForce dari iovation dalam aplikasi CredoApp, CredoApply dan CredoSDK mereka. FraudForce membantu bank dan perusahaan pemberi pinjaman membedakan transaksi yang sah dari transaksi yang mencurigakan, dengan mengevaluasi berbagai akun yang ada di perangkat smartphone, riwayat kegiatan di perangkat smartphone, juga perilaku penggunaan perangkat smartphone yang mencurigakan.

Dengan penambahan program FraudForce, CredoApply menjadi aplikasi perkenalan dan penerimaan pelanggan digital seluler yang jauh lebih kuat. CredoApply menyediakan kecerdasan perangkat yang mencakup 45 jenis pemeriksaan penipuan aplikasi, verifikasi alamat rumah dan kantor, verifikasi pekerjaan, pengumpulan dokumen KYC dan penilaian kredit alternatif. Singkat kata, CredoApply mampu mengubah sedikitnya data yang tersedia dari para pengguna tanpa rekening bank menjadi setumpuk tebal data yang mumpuni.

“Credit scoring masa kini telah jauh melampaui sumber data yang tradisional untuk mendapatkan pemahaman dan juga menafsirkan perilaku pembayaran melalui kombinasi data tradisional dan data digital dari perangkat smartphone. iovation memberikan analisis data digital mutakhir untuk membantu mengidentifikasi pelanggan yang baik dari para penipu dengan seksama,” kata Peter Barcak, CEO dan salah satu pendiri CredoLab, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, di Jakarta, Kamis (10/10). 

Wakil Presiden iovation dari Global Partnerships, Ed Wu menuturkan bila aplikasi kredit semakin banyak dilakukan secara online, begitupun segala jenis penipuan atau fraud yang terkait. Bahkan, iovation mendokumentasikan adanya peningkatan sebesar 575 persen dalam penipuan identitas online terhadap pelanggan layanan keuangan kami dari 2015 hingga 2018.

“Kami berharap dapat membantu CredoLab memberdayakan pelanggannya untuk membuat keputusan kredit yang baik melalui kekuatan kecerdasan perangkat,” terangnya.

Integrasi FraudForce iovation dengan CredoApp, CredoApply dan CredoSDK menawarkan kepada bank dan pemberi pinjaman kemampuan untuk mengevaluasi pelanggan potensial dengan cara yang aman, transparan, dan hemat biaya. Mengintegrasikan FraudForce juga membantu CredoLab menawarkan solusi satu pintu bagi bank dan pemberi pinjaman untuk secara akurat menilai calon peminjam yang belum pernah memiliki rekening bank dan kartu kredit sebelumnya, juga setiap pemohon pinjaman dengan data kredit yang sangat terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement