Selasa 08 Oct 2019 13:22 WIB

Institut Teknologi Sumatra Kembangkan 'Bus Pintar'

'Bus Pintar' juga akan berbasis aplikasi dalam pengoperasiannya.

Bus Listrik / Ilustrasi
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Bus Listrik / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Institut Teknologi Sumatra (Itera) akan mengembangkan smart bus rapid transit kampus untuk memberikan pelayanan transportasi bagi sivitas akademika. Bus ini akan beroperasi di lingkungan kampus Itera.

"Itera (Institut Teknologi Sumatera) adalah kampus pertama yang menggunakan smart bus dan dikelola oleh Itera," kata Rektor Institut Teknologi Sumatera Prof. Ir. Ofyar Z.Tamin, M.Sc. di Bandarlampung, Senin (7/10).

Baca Juga

Dalam pengembangan smart bus itu, pihaknyaakan mendapatkan bantuan 14 unit bus dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Nantinya, lanjut dia, smart bus menggunakan teknologi 4.0. Moda transportasi itu juga akan berbasis aplikasi dalam pengoperasiannya dan dilengkapi dengan teknologi pendeteksi lokasi keberadaan bus, serta menerapkan pembayaran secara digital.

"Kendaraan ini akan menjadi angkutan bagi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan Iteradan juga kegiatan kampus mereka," kata dia.

Salah satu mahasiswa Institut Teknologi SumateraFedral Vinel mengatakan bahwa smart bus akan berguna bagi mahasiswa kampus itu. Apalagi, kata dia, untuk mereka tinggal di indekosnamun jaraknya relatif jauh dari kampus.

"Smart bus ini jelas membantu untuk kawan-kawan yang tempat tinggalnya jauh dari kampus sehingga mereka tidak perlu menggunakan Grab atau Gojek (ojek daring--Red) lagi ke sini," kata dia.

Ia mengungkapkan, sejauh ini masih belum mengetahui kapan smart bus tersebut akan beroperasi. Namun, kata dia, sudah cukup banyak mahasiswa Institut Teknologi Sumaterayang mengisi formulir atau data tempat tinggalnya.

"Pastinya tidak tahu kapan akan mulai jalan bus smart itu tapi saya sudah mengisi form tempat tinggal dan ada titik penjemputannya serta waktu bus ini disesuaikan dengan jam kuliah saya," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement