Jumat 13 Sep 2019 19:47 WIB

Menkominfo: E-Sports Buka Peluang Besar Bagi Anak Muda

Rudiantara menekankan profesi dunia E-Sports tidak terbatas gamer, pengembang juga.

Seorang anggota komunitas digital bermain games usai pembukaan Esports Center di The Breeze Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2019).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Seorang anggota komunitas digital bermain games usai pembukaan Esports Center di The Breeze Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai E-sports membuka banyak peluang bagi anak-anak muda di Indonesia untuk mengembangkan diri dalam bidang tersebut.

"E-sports memberi peluang bagi anak muda untuk dijadikan profesi. Sekarang kan tim dan sponsor sudah banyak," kata Menkominfo Rudiantara setelah membuka acara Idbyte ESports 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Jumat (13/9).

Ia menekankan profesi di dunia E-sports tidak terbatas sebagai pemain (gamer) saja, tetapi juga pengembang (developer) gim. Ia lantas mencontohkan anak-anak muda di Indonesia yang sukses menjadi pengembang gim untuk perusahaan gim luar negeri.

Menkominfo pun berharap anak-anak muda turut menciptakan permainan dengan kearifan lokal, misalnya dengan mengangkat tokoh pahlawan super (superhero) asli Indonesia untuk menyaingi gim populer buatan luar.

Selain itu, Rudiantara juga menginginkan agar eSports di Indonesia tumbuh dari segi prestasi mengingat olahraga elektronik itu menjadi cabang yang dipertandingkan di Asian Games 2022 di China.

Tidak hanya memberi peluang bagi talenta, eSports juga penting untuk pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Untuk itu pemerintah fokus mengembangkan infrastruktur jaringan telekomunikasi agar eSports dapat tumbuh dan memberi kontribusi bagi ekonomi digital tanah air.

Indonesia ingin menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement