Selasa 10 Sep 2019 08:22 WIB

Beli Ikan Hias Kini Bisa Lewat Aplikasi

Aplikasi sudah bisa dipakai pengguna Android.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Aplikasi media sosial di ponsel pintar (Ilustrasi)
Foto: VOA
Aplikasi media sosial di ponsel pintar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Penggemar ikan hias kini kian dimudahkan dalam menambah koleksi atau memasarkan koleksinya. Pasalnya, kini penjualan ikan hias juga dapat dilakukan lewat online marketplace salah satunya adala lewat aplikasi Satuair.

Aplikasi yang dikembangkan di Sleman, Yogyakarta ini juga hadir dengan algoritma unik yang mampu memberikan informasi terkait penjual dan pembeli. Saat ini, aplikasi Satuair sudah dapat dinikmati pengguna Android. Dalam waktu dekat, aplikasi ini juga dapat digunakan pengguna Apple.

Baca Juga

Founder Satuair, Danang Prima mengatakan, Satuair merupakan satu-satunya online marketplace ikan hias di Indonesia berbasis aplikasi. “Aplikasi ini menyediakan platform jual-beli ikan hias. Lewat aplikasi ini, semua penjual ikan hias di Indonesia dapat membuka toko online baik untuk transaksi satuan maupun dalam partai besar,” kata Danang dalam keterangan pers kepada Republika pada Senin (9/9).

Ia menekankan, kehadiran Satuair ini didorong oleh banyaknya keluhan atas minimnya keterbukaan dalam proses transaksi menggunakan media sosial maupun transaksi berbasis kominitas. Menurutnya, sampai dengan semester pertama tahun 2019, 64 persen transaksi retail ikan hias masih menggunakan channel transaksi yang tidak terverifikasi.

Satuair juga mencatat, pembelian dilakukan baik melalui channel sosial media maupun pesan instan mengakibatkan 98.6 persen dari pembeli ikan hias mengalami kekecewaan dalam melakukan transaksi retail ikan hias. “Kekecewaan yang biasanya muncul sebagian besar didominasi oleh masih kurangnya kejujuran dari penjual ikan hias untuk menyampaikan apa adanya kondisi ikan hias yang hendak dijual kepada pembeli,” kata dia.

Kehadiran marketplace yang selama ini sudah hadir di Indonesia dirasa masih kurang mewakili kebutuhan transaksi ikan hias di Indonesia, karena komponen transaksinya yang dirasa belum memenuhi spesifikasi yang diharapkan. Oleh karena itu, lanjutnya, Satuair yanh sudah mulai dapat diunduh sejak Agustus 2019 itu pun mencoba hadir dengan komponen transaksi yang sesuai dengan kebutuhan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement